Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Palsu, Toko Apple di Blok M Punya Siapa?

Kompas.com - 12/04/2013, 10:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Di sebidang blok lantai dasar gedung B pusat perbelanjaan Pasaraya Grande Blok M, Jakarta Selatan, sedang dibangun toko yang diklaim bernama Apple Store. Apakah toko itu dibangun sendiri oleh Apple atau oleh mitra lokal di Indonesia?

Pengelola Pasaraya enggan menginformasikan siapa pemilik Apple Store tersebut. "Kami tidak bisa memberi keterangan. Silakan Anda tanya kepada yang bersangkutan," kata juru bicara Pasaraya saat dihubungi, Kamis (11/4/2013).

Erajaya Group yang sedang agresif membangun toko ritel iBox untuk produk Apple mengaku tidak membangun toko di Pasaraya Grande Blok M.

Direktur Marketing and Communications Erajaya Group Djatmiko Wardoyo, saat dihubungi KompasTekno, menjelaskan, pihaknya sedang membangun 35 toko iBox selama 2013 di beberapa kota, termasuk Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Cirebon, Makassar, dan Bali.

"Tapi, yang di Pasaraya Blok M itu bukan punya kita," ujar Djatmiko.

Menurutnya, identitas merek Apple Store itu tidak bisa dipakai seenaknya. Sebab, yang berhak memakai merek Apple Store hanya Apple sendiri.

KompasTekno juga sempat menghubungi peritel produk Apple, eStore. Mereka juga mengaku tidak sedang membangun toko di Pasaraya Grande Blok M. eStore sendiri kini sedang menyiapkan toko baru di Mall Alam Sutera, Tangerang.

Mantan Executive Editor MacWorld Indonesia Aulia Masna, yang kini menjabat sebagai Chief Editor di DailySocial.net, berpendapat bahwa Apple Store tersebut tidaklah dibangun oleh Apple. Salah satu alasannya, menurut Aulia, karena toko tersebut tidak memenuhi tata cara resmi pembangunan Apple Store.

Diduga, pihak yang membangun toko tersebut adalah mitra lokal penjual produk Apple di Indonesia. Siapakah dia? Jawabannya akan terkuak pada 16 Juni 2013, sebagaimana tertulis dalam informasi tanggal pembukaan toko tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com