Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan PC Terjun Bebas

Kompas.com - 12/04/2013, 11:21 WIB
linked-income.com

KOMPAS.com - Agaknya kelesuan industri PC masih terus berlanjut, kalau bukan tidak mau disebut memburuk. Laporan terakhir yang dipublikasikan lembaga riset itu menyebutkan bahwa angka pengiriman PC "terjun bebas" di kuartal pertama 2013.

Seperti dikutip oleh AllThingsD, lembaga riset IDC mencatat pengiriman (shipment) PC menurun sebesar 14 persen menjadi 76,3 juta unit. Angka itu jauh lebih buruk dibanding penurunan 7,7 persen yang diprediksi IDC sebelumnya.

"Penurunan kuartal ini merupakan yang terburuk secara year-on-year semenjak IDC mulai mencatat angka pengiriman PC sejak 1994," tulis lembaga itu dalam laporannya. IDC juga menyebutkan bahwa hasil ini sekaligus menandai penurunan berturut-turut selama empat bulan terakhir. 

IDC

Versi Windows terbaru dari Microsoft, Windows 8 dan produk-produk chip dari Intel dinilai gagal membangkitkan ketertarikan konsumen dan kalangan bisnis terhadap PC.

Menurut data IDC, produsen PC yang mencatat penurunan year-on-year terburuk adalah Acer yang pengirimannya turun 32 persen. Hewlett Packard yang menjadi pemimpin pasar mengalami penurunan shipment sebesar 24 persen.

Adapun Lenovo mencatat stagnansi pengiriman PC year-on-year, alias mencatat angka pertumbuhan 0 persen.

Firma riset Gartner juga mempublikasikan temuan serupa. Untuk pertama kalinya sejak 2009, menurut lembaga ini, pengiriman PC per kuartal turun di bawah 80 juta unit.

Angka pengiriman 79,2 juta unit yang dicatat lembaga ini merefleksikan penurunan 11,2 persen dibanding kuartal yang sama tahun 2012. Oleh Gartner, jumlah tersebut dikatakan sebagai penurunan yang "paling signifikan" sejak 2001.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com