Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Tak Lagi Membutuhkan "Otak" Samsung

Kompas.com - 14/04/2013, 09:42 WIB


KOMPAS.com - Apple berniat tak lagi menggunakan prosesor buatan Samsung yang selama ini menjadi "otak" bagi perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch. Laporan terakhir menyebutkan bahwa Apple benar-benar ingin mewujudkan rencana itu.

Seperti dikutip oleh Cnet dari The Korea Times, Apple tidak memasukkan nama Samsung dalam proyek pengembangan prosesor mobile terbaru, yakni seri A7.

Prosesor seri A7 ini akan tertanam di perangkat iPhone dan iPad generasi berikutnya. Sebelumnya, prosesor A6 dan A6X yang digunakan oleh iPhone 5 dan iPad generasi keempat dibuat oleh Samsung menggunakan basis rancangan dari Apple.

Kini, Apple dikabarkan telah mengoper produksi cip ke perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). "TSMC  sudah mulai menugaskan para kontraktornya untuk menyalurkan komponen yang diperlukan untuk tahap produksi prosesor Apple itu," tulis The Korea Times, mengutip seorang sumber dari mitra Samsung.

Samsung dan Apple memang memiliki hubungan yang unik. Di satu sisi, divisi perangkat mobile kedua perusahaan bersaing ketat memperebutkan pangsa pasar smartphone dan tablet. Keduanya bahkan bersengketa hukum dalam hak paten teknologi software dan desain.

Sementara dalam divisi semikonduktor, keduanya justru bersahabat. Dari pabrik seluas dua kali lapangan sepak bola di Austin, Texas, Amerika Serikat, Samsung memasok komponen prosesor untuk produk mobile Apple.

Hubungan kerjasama ini telah berlangsung selama bertahun-tahun. Namun, belakangan ketegangan antar kedua perusahaan itu makin meningkat menyusul persaingan pasar dan perselisihan hak paten di ruang sidang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com