Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Apa yang Paling Tak Diminati?

Kompas.com - 15/04/2013, 11:38 WIB

BlackBerry Z10 dan Samsung Galaxy S III

KOMPAS.com — Ponsel pintar apa yang paling Anda inginkan? Daripada mengajukan pertanyaan itu, lembaga riset Raymond James malah menanyakan sebaliknya, smartphone apa yang paling Anda tidak inginkan?

Sebagaimana dikutip dari AllThingsD, Raymond James mengadakan survei tersebut pada 14 Maret hingga 26 Maret 2013 dalam rangka menganalisis niat pembelian smartphone oleh konsumen.

Di antara tiga pilihan platform yang diajukan, ternyata 71,4 persen konsumen menyatakan bahwa mereka "tidak menginginkan" produk smartphone BlackBerry.

Android menempati urutan kedua dengan 31,3 persen, disusul iPhone dengan perolehan suara 19,7 persen.

 

allthingsd.com

Hasil ini mencerminkan duopoli antara Google dan Apple, dua pemain besar yang kini mendominasi pasar smartphone. Platform Android dan iPhone milik kedua raksasa tersebut menguasai 90 persen market smartphone dunia pada kuartal keempat tahun lalu, menurut data dari IDC.

Sebagai bagian dari survei yang dilakukannya, Raymond James turut menanyakan responden mengenai fitur apa saja yang akan membuat mereka lebih condong ke salah satu pilihan platform smartphone.

Kendati demikian, perlu ditambahkan bahwa jumlah sampel survei ini relatif kecil, yaitu hanya mencakup 250 responden. Karenanya, temuan survei bisa jadi tak merefleksikan keadaan yang sebenarnya secara lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com