Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ultrapixel HTC One Ditantang 2 Smartphone Megapixel

Kompas.com - 15/04/2013, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Sedikit melawan tren kamera smartphone yang menuju ke arah peningkatan resolusi mencapai belasan megapixel, HTC justru hanya membekali smartphone andalan barunya, HTC One, dengan unit kamera 4 megapixel.

Tapi jangan dulu memandang smartphone ini dengan sebelah mata. HTC One mengusung teknologi kamera "Ultrapixel" yang boleh dibilang merupakan inovasi berani dalam dunia fotografi smartphone.

Seperti yang bisa ditemukan dalam penjelasan lengkap di tautan ini, istilah Ultrapixel mengacu pada ukuran reseptor cahaya ("pixel") pada sensor kamera HTC One yang lebih besar dibandingkan smartphone lainnya. Ukuran yang lebih besar tersebut diklaim membuat sensor kamera lebih sensitif terhadap cahaya dan mampu menghasilkan gambar lebih bagus.

Ukuran sensor kamera Ultrapixel sendiri juga diklaim lebih besar dibandingkan smartphone lain, yaitu 1/3 inci.

Kekurangan teknologi ini, kamera HTC One hanya memiliki resolusi 4 megapixel atau jauh di bawah smartphone high-end lainnya yang kini mengusung sensor 8 megapixel atau lebih.

Mengapa bisa begitu? Bayangkan Anda mengisi penuh sebuah ember dengan bola ping-pong. Kosongkan ember tersebut, lalu isi penuh kembali, kali ini dengan bola tenis. Tentu, jumlah bola tenis yang bisa dimasukkan dalam ember lebih sedikit dari bola ping-pong karena ukurannya lebih besar. Itulah yang terjadi pada kamera HTC One dengan sensor Ultrapixel-nya yang memiliki pixel berukuran lebih besar dari smartphone lain.

Seperti apakah efeknya di dunia nyata? Kompas Tekno mencoba membandingkan hasil tangkapan gambar HTC One dengan dua smartphone lain yang memiliki resolusi lebih tinggi, yaitu iPhone 4S (8 Megapixel) dan Sony Xperia Z (13 Megapixel).

htc_one_comparison_main
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Semua parameter pengaturan diserahkan pada masing-masing smartphone dengan setting otomatis. Hasilnya bisa dilihat pada perbandingan di bawah ini. Foto teratas diambil dengan HTC One, disusul iPhone 4S dan Xperia Z secara berurutan.

htc_one_comparison_GOOD

Pertama-tama, mari kita tengok hasil foto ketiga smartphone saat berada dalam kondisi cahaya terang. Gambar tangkapan HTC One terlihat lebih kecil karena hanya memiliki resolusi 4 megapixel. Foto-foto dari iPhone 4S dan Xperia Z yang memiliki sensor 8 dan 13 megapixel pun terlihat lebih besar karena resolusi yang lebih tinggi.

Perbedaan resolusi ini segera tampak begitu kita mengarahkan mata untuk mencari detail halus pada gambar, utamanya pada perangko di bagian tengah. Tampak HTC One tak mampu menangkap garis-garis tipis di gambar wajah yang tertera pada perangko.

Hasil gambar kamera iPhone 4S tampak lebih detail, sementara, foto Xperia Z terlihat menunjukkan gejala noise reduction yang cukup berat sehingga membuatnya terlihat sedikit buram, mirip efek cat air. Mungkinkah 13 megapixel terlalu tinggi untuk ukuran sensor smartphone yang kecil?

Yang perlu ditekankan di sini, meski kurang detail, kamera "Ultrapixel" milik HTC One menghasilkan foto yang relatif bersih, bebas dari noise (bintik-bintik/ grain). Sebaliknya, biarpun lebih detail, gambar dari iPhone 4S menunjukkan tingkat noise yang lebih tinggi.

Bagaimana jika foto dari iPhone 4S (8 megapixel) dan Xperia Z (13 megapixel) dikecilkan menjadi lebih kurang 4 megapixel sehingga menyamai HTC One, akankah hasilnya berbeda?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com