Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Sony Xperia Z

Kompas.com - 17/04/2013, 13:49 WIB
Aditya Panji

Penulis

Oik Yusuf/KompasTekno Sony Xperia Z

JAKARTA, KOMPAS.comSony mempertaruhkan nama besarnya dalam medan perang industri ponsel Android melalui produk Xperia Z. Setidaknya sampai akhir 2013, Xperia Z akan menjadi produk andalan Sony untuk bersaing langsung dengan Samsung Galaxy S4 dan HTC One.

Ponsel ini sekaligus menjawab pertanyaan pasar atas kehadiran ponsel Sony dengan prosesor quad-core.

Jika Anda berpikir Xperia masuk dalam jajaran ponsel pintar Android terbaik tahun ini, pastikan Anda menyimak ulasan ini hingga selesai. Anda akan menemukan kelebihan dan kekurangannya.

Desain

Ingin ponsel dengan layar besar? Xperia Z mungkin bisa masuk dalam daftar pilihan. Layar seluas 5 inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel nyaman untuk menonton video, berselancar internet hingga main game.

Mengingat ukurannya yang besar, memegang dengan dua tangan dan bernavigasi dengan dua ibu jari adalah cara tepat mengeksplorasi Xperia Z.

IMG_9884

Desain Xperia Z adalah perubahan besar dalam siklus desain Sony. Sepanjang 2012, Sony terjebak dalam desain ponsel yang stagnan. Tak heran jika Anda menemukan beberapa desain Xperia model lama yang tampak serupa.

IMG_9888

Panel belakang Xperia Z terbuat dari material kaca antipecah dan anti gores yang membuatnya tampak elegan. Material kaca juga menyelimuti bagian samping, sisi bawah dan atas. Tetapi, material kaca ini mudah meninggalkan bekas jari, apalagi ketika jari dalam keadaan berkeringat.

Sony Xperia Z (6) Foto by Oik Yusuf/Kompas.com

Sony Xperia Z (5) Foto by Oik Yusuf/Kompas.com

Hanya ada dua tombol fisik di Xperia Z. Pertama, tombol daya yang tampil mencolok dengan warna perak. Ini adalah gaya baru dalam industri ponsel global. Kedua, tombol untuk mengatur volume. Kedua tombol ini berada di samping kanan.

Xperia Z didesain tahan air dan tahan debu. Ia menyandang sertifikat IP 55 dan IP 75, sebuah standar ketahanan internasional. Anda bisa mengajak ponsel ini menyelam di kedalaman 1 meter selama 30 menit. Sebuah nilai tambah yang mungkin tidak ditemukan di ponsel premium merek lain.

Xperia Z dimasukkan ke air

Sony Xperia Z (3) Foto by Oik Yusuf/Kompas.com

Untuk menghalangi air dan debu masuk, perusahaan Jepang ini menutup rapat semua port dan slot yang ada di Xperia Z. Konektor audio di sisi atas, slot MicroSD dan MicroUSB di samping kiri, serta slot SIM card di samping kanan, semuanya ditutup rapat agar terlindung dari air dan debu.

Sony Xperia Z (1) Foto by Oik Yusuf/Kompas.com

Sony Xperia Z (2) Foto by Oik Yusuf/Kompas.com

Layar dan tampilan

Jenis layar Xperia Z adalah TFT yang didukung oleh Mobile Bravia Engine 2, sebuah teknologi yang biasa digunakan Sony pada televisi layar datar seri Bravia. Layarnya menampilkan kecerahan yang sangat baik. Ketika kecerahan diatur pada tingkat tertinggi, warna yang ditampilkan layar tidak membuat mata sakit.

Tak seperti layar jenis Super AMOLED atau Super LCD yang terkenal dengan kontras dan saturasi agak tinggi, kecerahan yang ditampilkan layar jenis TFT cenderung lembut.

Berdasarkan pengalaman, layar Xperia Z memberi pengalaman kurang baik ketika dipandang dari sudut berbeda. Warna dan kecerahan terlihat bagus ketika mata Anda memandang lurus sejajar dengan layar. Nah, jika mata Anda bergeser sedikit ke atas-bawah atau samping kiri-kanan, kualitas warna dan kecerahan akan menurun.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com