Microsoft Kembalikan "Selera Asal" di Windows 8.1

theverge.com

theverge.com

KOMPAS.com - Windows 8 membawa sejumlah perubahan radikal ke seri sistem operasi Microsoft yang tampilannya relatif tak berubah selama bertahun-tahun. Yang paling kontroversial adalah tombol "Start" yang dilenyapkan serta diganti oleh "Start Screen" baru.

Mungkin lantaran perubahan itu ternyata kurang disukai pengguna, Microsoft dikabarkan bakal mengembalikan tampilan "selera asal", yaitu tombol Start tradisional, pada "Windows Blue" yang akan menjadi suksesor Windows 8.

Selain itu, "selera asal" lain yang akan dikembalikan Microsoft, yaitu "boot-to-desktop". Seperti dikutip dari ZDNet dan TheVerge, Microsoft disinyalir bakal menawarkan booting komputer langsung ke lingkungan desktop Windows, tanpa harus melalui Start Screen terlebih dahulu.

Opsi itu pun kabarnya bakal menjadi pilihan default pengguna. Booting ke Start Screen seperti pada Windows 8 bisa dipilih apabila diinginkan.

Hal ini pertama kali diungkapkan oleh situs Microsoft Portal (melalui WinBeta.org) setelah menelusuri file sistem operasi yang kabarnya bakal memiliki nama resmi Windows 8.1 ini.

Mengenai kemungkinan hadir kembalinya tombol Start, seorang sumber anonim menyatakan bahwa Microsoft sedang mempertimbangkan hal tersebut sebagai opsi yang dapat dipilih dalam Windows 8.1.

Sang sumber juga menyatakan bahwa semuanya masih belum pasti dan bisa saja berubah sebelum Windows 8.1 mulai dirilis. Diperkirakan versi release to manufacturing (RTM) dari sistem operasi ini bakalan sudah siap Agustus 2013 mendatang.

Sebelum itu, pengguna Windows 8 yang merindukan tampilan lawas OS terdahulu bisa menggunakan software pihak ketiga seperti Start8 dan Classic Shell untuk mengembalikan tombol Start klasik.

Editor: Reza Wahyudi

 

TERBARU
Gadget
Senin, 6 Juli 2015 11.44 WIB
Tablet Android Nokia N1 Segera Masuk Indonesia
Gadget
Senin, 6 Juli 2015 11.15 WIB
Logo Apple di iPhone Bakal Ada Fungsinya
Internet
Senin, 6 Juli 2015 10.38 WIB
XL Resmi Gelar 4G LTE Tahap Dua
Gadget
Senin, 6 Juli 2015 09.50 WIB
Ponsel Nexus "Android M" Tak Sesuai Tradisi
e-Business
Minggu, 5 Juli 2015 16.28 WIB
Layanan StarOne Berakhir Sepenuhnya