Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Ungkap Layanan "Streaming" Musik

Kompas.com - 19/04/2013, 08:12 WIB

ABCNews Twitter baru saja meluncurkan layanan baru, Music

KOMPAS.com - Twitter terus mengembangkan lini bisnisnya. Setelah sukses menjadi situs mikroblogging terpopuler dan layanan video singkat melalui aplikasi Vine, Twitter memulai bisnis baru, yaitu layanan pencarian dan streaming musik.

Layanan yang disebut sebagai Twitter #Music ini untuk pertama kalinya diperkenalkan pada sebuah acara TV di Amerika Serikat, Good Morning America.

Dalam acara TV tersebut, Twitter mengumumkan #Music akan menjadi aplikasi terpisah dari Twitter, yang bisa diunduh secara gratis di Apple App Store untuk produk iPhone. Pihak Twitter mengatakan akan segera membawa aplikasi tersebut ke sistem operasi lainnya.

Namun, apabila sudah tidak sabar ingin mencoba layanan #Music, para peminat di negara tertentu bisa mengakses layanan tersebut melalui situs https://music.twitter.com. Untuk sementara, layanan ini baru bekerja di negara Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru. Dukungan terhadap negara-negara lain akan segera ditambahkan.

Dikutip dari The Verge, Jumat (19/4/2013), layanan ini mengizinkan penggunanya untuk streaming musik yang sedang populer di Twitter dan dari band atau musisi yang di-follow.

Nantinya, di aplikasi #Music, akan terdapat 4 bagian yang bisa diakses dengan cara swipe atau menggeser layar. Ke-4 halaman tersebut terdiri dari Popular, Emerging, Suggested, dan Now Playing.

Halaman Popular akan menampilkan musik apa saja yang sedang banyak dibicarakan di Twitter. Sedangkan Emerging akan menunjukkan musik dari "talenta tersembunyi" yang juga banyak dibicarakan di Twitter.

Sedangkan untuk halaman Suggested, akan lebih banyak berfokus terhadap musisi yang di-follow dan yang disukai. Untuk halaman terakhir, Now Playing, akan menunjukkan lagu yang sedang didengar oleh teman dan musik yang sedang dibicarakan oleh teman melalui kicauan.

Untuk menghadirkan #Music, Twitter bekerjasama dengan berbagai layanan musik ternama, seperti Rdio, Spotify, dan iTunes. Melalui kerjasama ini pula, pengguna dapat melakukan streaming musik langsung melalui aplikasi #Music, tanpa harus berpindah ke aplikasi lain.

Para pengguna Spotify dan Rdio dapat log in ke akun masing-masing untuk mendengarkan musik secara keseluruhan di Twitter #Music. Sayangnya, pengguna iTunes hanya bisa mendengarkan preview atau potongan dari sebuah lagu saja.

Untuk ke depannya, Twitter berjanji untuk bekerjasama dengan lebih banyak layanan musik lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com