Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Beraksi, Tersangka Bom Boston Masih "Nge-tweet"

Kompas.com - 20/04/2013, 11:59 WIB

KOMPAS.com - Seperti remaja lain seusianya, tersangka pelaku bom Maraton Boston Dzhokar A. Tsarnaev gemar beraktivitas di media sosial internet.

Selain akun Facebook dan VKontakte, pria 19 tahun yang tercatat sebagai penduduk tetap Massachussetts, Amerika Serikat ini juga rajin nge-tweet melalui akun Twitter yang disinyalir merupakan miliknya, @J_tsar.

"Saya adalah orang yang bebas stress," kicau @J_tsar pada Rabu, 17 April lalu, dua hari setelah kejadian pemboman hari Senin (15/4/2013).

Hanya berselang beberapa jam setelah bom meledak, @J_tsar menggunggah kutipan lagu dari rapper Jay-Z dan lagu R&B tahun 70-an, "Tak ada cinta di tengah kota", diakhiri dengan himbauan agar orang-orang "menjaga diri".

Secara keseluruhan, @J_tsar mengunggah tweet sebanyak 11 kali sejak 15 April lalu. Akun ini juga sempat menanggapi sejumlah tweet dari pengguna lain.

Screen Shot 2013-04-20 at 9.49.44 AM
(Gambar: Twitter)

Akun Asli

Sejumlah akun palsu yang mengusung nama Tsarnaev sempat muncul di Twitter meyusul pengumuman namanya sebagai terduga pelaku oleh Biro Investigasi Federal (FBI).

Tapi, melalui penelusuran independen, sejumlah media besar termasuk ABC News dan CNN menyimpulkan bahwa @J_tsar benar-benar merupakan akun milik Tsarnaev.

Dugaan ini diperkuat oleh teman-teman Tsarnaev. Seseorang dalam foto yang diunggah oleh @J_tsar juga terlihat dalam foto di akun jejaring sosial VKontakte milik Tsarnaev.

Akun @J_tsar sendiri tidak memuat deskripsi apapun tentang Tsarnaev. Dalam profil hanya ditampilkan gambar logo FC Anzhi Makhachkala, klub sepakbola Rusia yang bermarkas di Republik Dagestan, daerah asal Tsarnaev. Sebagai avatar, digunakan gambar seekor singa yang sedang mengaum.

Ditangkap

Pihak otoritas kota Watertown, Massachussetts, dilaporkan telah berhasil menahan Tsarnaev pada Jumat (19/4/2013) malam waktu setempat.

Tsarnaev berhasil ditahan hidup-hidup setelah bersembunyi dalam perahu yang diletakkan di pekarangan sebuah rumah.

Sehari sebelumnya, Tamerlan Tsarnaev, kakak dari Dzhokar A. Tsarnaev, terlebih dulu tewas dalam baku tembak dengan polisi. Dua bersaudara ini adalah tersangka pelaku dalam pengeboman Maraton Boston.

Tamerlan dan Dzhokar terekam dalam video kemanan di TKP yang dipublikasikan FBI. Mereka sempat berusaha melarikan diri setelah menyadari gambar-gambar wajahnya beredar luas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com