Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Lensa Zoom "Bukaan" Terbesar

Kompas.com - 21/04/2013, 14:32 WIB

Sigma


KOMPAS.com - Lensa zoom dengan bukaan (aperture) konstan untuk kamera SLR umumnya hanya memiliki bukaan maksimal f/2.8. Jika ingin lebih lebar dari itu, pilihan satu-satunya adalah berailh ke lensa prime (fixed).

Kini tidak lagi, Sigma, salah satu pihak ketiga yang memproduksi lensa untuk kamera dari merk-merk terkenal, memperkenalkan lensa zoom pertama dengan constant aperture selebar f/1.8.

Nama lengkap lensa ini adalah Sigma 18-35mm f/1.8 DC HSM. Dua huruf "DC" menandakan bahwa lensa dengan rentang zoom 2x ini didesain khusus untuk kamera DSLR dengan sensor APS-C dan tidak bisa dipakai pada kamera full-frame.

Sigma

Rentang focal length 18-35mm pada lensa ini setara dengan 27-52,5mm pada kamera full-frame. Ini mencakup tiga focal length populer pada lensa prime, yaitu 28mm, 35mm, dan 50mm.

Adapun "HSM" menandakan bahwa lensa yang bersangkutan dilengkapi motor "hipersonik" besutan Sigma yang memungkinkan AF lebih gesit dibanding motor konvensional.

Lensa ini adalah anggota dari lini "Art" produk-produk baru Sigma. Dua lini lensa lainnya adalah "Contemporary" dan "Sports".

Sejauh ini, Sigma diketahui bakal menyediakan lensa ini dalam dua versi mounting, yaitu untuk Nikon dan Canon.

Seperti jajaran lensa-lensa baru lainnya dari Sigma, lensa ini juga kompatibel dengan software Optimization Pro yang memungkinkan pengguna mengatur presisi fokus dan beberapa tweaking lainnya dari komputer.

Sigma

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com