Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bobol Situs Sony, Hacker Dipenjara 1 Tahun

Kompas.com - 22/04/2013, 16:55 WIB

KOMPAS.com - Cody Kretsinger, anggota kelompok aktivis peretas LulzSec, dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena membobol sistem keamanan server Sony PlayStation Network. Ia juga dikenakan denda sebesar 605.663 dollar AS.

Aksinya dimulai sejak akhir Mei 2011 dan ia baru mengakui pada April 2012. Putusan hukum terhadap Kretsinger dikeluarkan Pengadilan Los Angeles, AS, pada 19 April 2013.

Setelah menjalani satu tahun penjara, hukuman Kretsinger masih berlanjut sebagai tahanan rumah. Selain itu, ia juga dikenakan hukuman 1.000 jam kerja sosial sebagai upaya perbaikan atas kerusakan yang telah ditimbulkan di masyarakat.

Ulah Kretsinger membuat Sony harus menutup jaringan selama sebulan

Kretsinger dikenai pasal konspirasi karena masuk dalam sistem komputer yang dilindungi. Pria 25 tahun ini mencuri data penting, termasuk nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email dari puluhan ribu pelanggan Sony. Data itu kemudian diungkap ke internet.

Kretsinger dikenal dengan nama "Rekusi" di dunia maya. Ia masuk dalam kelompok LulzSec yang mulai dikenal pada 2011 karena mendukung situs web WikiLeaks dalam mengungkap dokumen penting kenegaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com