Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Apple Menurun

Kompas.com - 24/04/2013, 10:57 WIB

iPhone masih menjadi produk terlaris yang dikeluarkan oleh Apple.

Produsen komputer dan telepon pintar Apple untuk pertama kalinya dalam satu dekade mengalami penurunan keuntungan di kuartal pertama.

Apple hingga akhir Maret kemarin mencatat keuntungan bersih sebesar 9,5 miliar dollar AS, turun dibandingkan keuntungan yang dicatat periode yang sama pada tahun lalu yang mencapai 11,6 miliar dollar AS.

Penjualan terbanyak masih dipegang oleh dua produk andalan, iPhone dan iPad yang membantu mendorong pendapatan sebesar 43,6 miliar dollar AS.

Tetapi ada kekhawatiran di kalangan investor yang membuat harga saham Apple anjlok.

Apple telah kehilangan sekitar 40% nilai pasar saham sejak menyentuh rekor tertinggi September tahun lalu.

Meski Apple tetap menjadi pemain dominan di pasar komputer tablet dan telepon pintar, para investor khawatir bahwa pasarnya mulai dikikis oleh pesaingnya yang semakin populer seperti Samsung.

Para pengamat menilai Apple perlu mengembangkan dan menemukan inovasi produk baru untuk tetap menjadi pemimpin dalam kompetisi, ketimbang menyandarkan diri pada pengembangan produk yang ada.

Dominasi iPhone dan iPad

Tetapi sejauh ini penjualan iPhone dan iPad masih dianggap memuaskan para investor.

Penjualan dua produk andalan Apple ini melewati pengharapan. Perusahaan ini mengatakan telah menjual 37,4 juta iPhone dan 19,5 juta iPad di seluruh dunia dalam periode tiga bulan pertama di tahun 2013.

Apple juga berencana untuk membeli kembali saham mereka sebesar 60 miliar dollar AS, dan meningkatkan keuntungan dividen bagi pemegang saham menjadi 15%. Hal itu mendorong investor dan saham Apple naik 5,5% di Wall Street.

"Kami senang dengan laporan kuartal Maret, terimakasih untuk melanjutkan penampilan kuat dari iPhone dan iPad,'' kata Tim Cook, kepala eksekutif Apple, yang mengambil alih posisi ini dari Steve Jobs di tahun 2011.

Tim Cook juga memberikan indikasi bahwa mereka tengah mengembangkan sebuah produk.

"Tim kami bekerja keras dalam pembuatan piranti keras, piranti lunak dan pelayanan baru yang luar biasa, dan kami sangat bergairah atas produk baru yang ada di dalam saluran kami.''

Bagaimanapun Apple belum mengeluarkan pengumuman tentang produk baru tersebut, dan pengamat memprediksi produk baru tersebut tidak akan dirilis dalam waktu cepat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com