Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Internet XL Capai 29,1 Juta

Kompas.com - 02/05/2013, 10:49 WIB

Aditya Panji/KompasTekno Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata mengumumkan bahwa pelanggan layanan data (internet) kini sudah mencapai 29,1 juta atau mendekati 60 persen dari total pelanggan XL. Di tahun 2013, XL memprioritaskan perluasan infrastruktur layanan data.

Dalam laporan keuangan kuartal pertama 2013, Rabu (30/4/2013), XL mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 2 persen dari tahun ke tahun menjadi Rp 5,05 triliun. Hal ini dipicu oleh kenaikan pendapatan dari layanan data sebesar 16 persen.

Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi, mengatakan, pertumbuhan kontribusi layanan data mencerminkan arah bisnis serta adanya peluang besar yang dapat dimanfaatkan XL untuk bisnis layanan data di masa datang.

"Penggunaan layanan data di Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu, termasuk di XL, yang mendorong terjadinya peningkatan trafik sebesar 40%," ujar Hasnul dalam siaran pers yang diterima KompasTekno. Ia menambahkan, ada peningkatan kontribusi pendapatan layanan data menjadi 22 persen dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 19 persen.

Hingga kuartal pertama 2013, XL memiliki 39.819 BTS, termasuk 13.295 Node B untuk melayani pelanggan data.

"Meningkatnya permintaan penggunaan layanan data, juga menunjukkan adanya kecenderungan perubahan perilaku masyarakat yang menjadikan layanan data sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari," ujar Hasnul.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, lanjutnya, XL berusaha mengembangkan layanan digital di bidang mobile finance, commerce, dan M2M (machine to machine).

Untuk Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi dan Amortisasi (EBITDA) selama kuartal pertama 2013 sebesar Rp 2 triliun dengan margin EBITDA sebesar 40% dan laba bersih sebesar Rp 316 miliar.
 
XL telah membelanjakan Rp 1,98 triliun untuk investasi di kuartal pertama tahun 2013, yang sebagian besar menggunakan dana internal. Selama kuartal pertama 2013, XL telah menandatangani perjanjian pinjaman baru dalam rupiah dengan Bank Mandiri pada Januari 2013 sebesar Rp 500 miliar dan Rp 2,5 triliun.

XL juga telah menandatangani perjanjian kredit baru dalam dollar dengan BTMU sebesar 110 juta dollar AS pada Maret 2013. Karena itu, aktifitas pembiayaan dan jumlah hutang XL meningkat menjadi Rp 14,7 triliun dari tahun sebelumnya Rp 11,5 triliun, dan hutang bersih/EBITDA meningkat dari 1,0xmenjadi 1.5x pada kuartal pertama 2013. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com