Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati dengan "Cartridge" Printer Murah

Kompas.com - 02/05/2013, 17:16 WIB

(Hewlett-Packard) Printer Mobile Hewlett-Packard (HP) OfficeJet 150 All-in-One

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen printer Hewlett-Packard (HP) sedang melakukan edukasi pasar untuk menggunakan tinta dan cartridge original, di tengah maraknya peredaran tinta dan cartridge palsu di Indonesia.

Market Development Manager Inkjet HP Indonesia, Dewi Pusporini mengatakan, memakai cartridge original bisa membuat printer lebih awet dan memberi nilai ekonomis. "Jika ada tinta atau cartridge yang dijual jauh dari harga pasar, ada baiknya hati-hati karena bisa jadi itu palsu," katanya dalam acara Media Workshop HP Printer Deskjet di Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Dijelaskan oleh Dewi, bahwa penggunaan produk cartridge bajakan bisa membuat rusak printer dan menggugurkan garansi.

Ia memberi petunjuk cara mengetahui keaslian cartridge dari HP. Di setiap kemasan cartridge pasti ada stiker hologram QR code. Nah, pelanggan bisa memindai hologram itu dengan aplikasi pemindai QR code. Dari sana pelanggan akan dibawa ke situs resmi HP dan akan mendapat keterangan soal keaslian produk tersebut.

"Kalau produknya tidak asli, berarti tidak usah dibeli karena si penjual berusaha membodohi pembeli," tegasnya.

HP telah membentuk tim anti pemalsuan produk cartridge dan tinta. Beberapa waktu lalu, pihaknya berkoordinasi dengan aparat berwenang dan berhasil menggerebek sindikat penjualan cartridge palsu di Batam. Sejauh ini, lanjut Dewi, produk cartridge palsu paling banyak beredar di Thailand

Perusahaan asal Amerika Serikat ini secara tegas memerangi produsen yang memalsukan tinta, menggunakan logo HP, dan memanipulasi kemasan agar produk nampak asli. HP tidak mempermasalahkan pihak ketiga yang secara resmi menjual tinta hasil kreasi sendiri atau produk cartridge compatible di bawah merek dagang sendiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com