Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Buka Lowongan untuk Jurnalis

Kompas.com - 03/05/2013, 11:15 WIB

Twitter.com

KOMPAS.com - Twitter sering digunakan sebagai sarana untuk memperoleh dan melaporkan berita terkini oleh para jurnalis. Berkaitan dengan hal tersebut, perusahaan situs micro-blogging ini membuka lowongan baru untuk "kepala bagian berita dan jurnalisme".

Sebagaimana dikutip dari The Verge, tujuan dari dibukanya posisi tersebut adalah meningkatkan kualitas berita yang beredar di Twitter, serta menjalin hubungan yang lebih dalam antara Twitter dan para jurnalis serta media yang menaungi mereka.

Ada pula misi kerjasama dengan divisi pengembangan produk Twitter untuk memenuhi kebutuhan jurnalis yang memakai Twitter, serta pola komunikasi para jurnalis dengan para pembaca sehubungan dengan hal-hal seperti pemakaian Twitter sebagai sarana news gathering.

Selama ini kecepatan dan kekuatan penyebaran Twitter menjadi pendukungnya sebagai alat pencarian dan penyebaran berita.

Tetapi ada satu kelemahan besar di saat terjadi sebuah breaking news yang masih simpang-siur, yaitu sulit membedakan tweet berita yang memuat fakta dengan yang sekadar berdasar spekulasi atau kabar yang belum terkonfirmasi.

Minggu lalu, misalnya, akun Twitter Associated Press membuat heboh lantaran mengunggah tweet soal peledakan bom di Gedung Putih yang melukai Presiden Obama. Akun tersebut ternyata diretas oleh kelompok hacker yang memanfaatkannya untuk menyebar berita palsu.

Peningkatan sekuriti dan pemegang posisi "kepala bagian berita dan jurnalisme" di Twitter bisa mencegah hal yang sama terulang kembali di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com