Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Facebook Diretas? "Teman Tepercaya" Siap Membantu

Kompas.com - 06/05/2013, 09:46 WIB

KOMPAS.com - Facebook coba meningkatkan sistem keamanan untuk penggunanya dengan meluncurkan fitur Trusted Contacts atau Kontak Tepercaya.

Trusted Contacts adalah satu cara memulihkan akun Facebook jika Anda lupa kata sandi atau akun tersebut diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Anda terlebih dahulu harus mengaktifkan Trusted Contacts di menu Settings/Pengaturan lalu pilih Security/Keamanan.

Trusted Contacts

Kemudian, pilih tiga sampai lima teman terpercaya untuk dimasukkan ke daftar Trusted Contacts. Tentu saja, Anda harus memilih secara bijaksana teman atau keluarga yang bisa menjaga rahasia. Teman-teman inilah yang dapat membantu Anda menyediakan kode keamanan.

Trusted Contacts merupakan solusi untuk menjawab pertanyaan keamanan. Facebook akan mengirim kode keamanan ke teman Anda untuk kemudian dibagi ke pemilik akun.

Nah, di sini sebenarnya terbuka peluang penyalahgunaan jika Anda memilih teman yang salah. Ini seperti menitipkan kunci rumah Anda kepada tetangga, namun tetangga menyalahgunakan kepercayaan yang Anda berikan.

Karena itu, pilihlah teman atau anggota keluarga yang sepenuhnya bisa dipercaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com