Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android "Jelly Bean" Salip "Ice Cream Sandwich"

Kompas.com - 06/05/2013, 12:34 WIB

ibtimes.co.uk

KOMPAS.com - Pengguna Android secara perlahan meninggalkan sistem operasi versi lawas. Mereka mulai beralih ke sistem operasi versi terkini.

Menurut data yang dirilis Google pada April 2013, sistem operasi Android versi 4.1 dan 4.2 yang tergabung dalam kode nama Jelly Bean, mengalami pertumbuhan dengan total raihan 28,4 persen atau tumbuh 3,4 poin dari bulan Maret 2013.

Angka tersebut sudah melampaui Android versi 4.0 atau Ice Cream Sandwich, yang turun 1,8 poin menjadi 27.5 persen.

Android April 2013

Meski demikian, Google punya tugas berat mengajak pengguna Android 2.3 (Gingerbread) untuk beralih ke sistem operasi yang lebih baru. Gingerbread masih berkuasa dalam ekosistem Android dengan 38,5 persen. Angka ini turun 1,7 poin dari bulan Maret 2013.

Angka-angka tersebut dilacak Google dari kunjungan pengguna Android ke toko aplikasi online Google Play Store.

Secara keseluruhan, Jelly Bean yang dirilis pada Juli 2012 tumbuh lebih cepat dari Gingerbread yang dirilis pada Desember 2010.

Android mengalami pertumbuhan sangat cepat. Beberapa lembaga riset menobatkan si robot hijau sebagai penguasa sistem operasi mobile di dunia. Apalagi, Android didukung oleh banyak produsen terkemuka, seperti Samsung, LG, Sony, HTC, Motorola. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com