Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logo Baru Instagram Diharapkan "Abadi"

Kompas.com - 07/05/2013, 13:56 WIB

Logo baru Instagram

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi foto Instagram memasuki tahap pengembangan versi 3.5 pada Kamis (2/5/2013). Di versi ini, Instagram melakukan dua pembaruan besar, yakni menawarkan fitur baru photo tag dan tampil dengan logo baru.

Mungkin ada dari Anda yang tidak menyadari perubahan logo tersebut. Logo Instagram yang mengusung konsep skrip tipografi kini tampil lebih halus. Desainernya adalah Mackey Saturday asal Denver, Amerika Serikat, sahabat dari pendiri Instagram Kevin Systrom.

Mackey mulai mengerjakan desain ulang logo lebih dari satu tahun lalu sebelum Facebook mengakuisisi Instagram pada Mei 2012. Dengan tangannya sendiri, Mackey menggambar ulang skrip tipografi Billabong. Jenis huruf ini dahulu dipakai oleh merek busana Billabong yang biasa menjadi sponsor atlet selancar. Mackey merasa jenis huruf ini sangat pas dengan unsur retronostalgic yang diusung Instagram.
Logo lama Instagram
"Kevin memiliki selera yang bagus untuk desain. Dan saya pikir ini adalah alasan besar keberhasilan mereka (Instagram-red)," kata Mackey seperti dikutip dari situs teknologi Gizmodo, Minggu (5/5/2013)

Garis-garis pada huruf yang merangkai kata Instagram dibuat lebih bersih dan lebih elegan, meskipun jika dilihat sekilas, tak terasa ada perubahan besar. Mackey mengatakan bahwa logo macam ini akan abadi atau bertahan meski termakan oleh jaman. Ia ingin membangun merek untuk jangka panjang.

"Tujuan sebenarnya adalah untuk duduk bersama beberapa logo script abadi seperti Kellog dan Campbell," kata Mackey. "Coca-cola adalah contoh besar lainnya. Ini nostalgia, tetapi melampaui tren populer." ujarnya.

Rancangan logo Instagram - Photo by Gizmodo UK

Desain jenis huruf yang dipakai pada logo Instagram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com