Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Yakin Galaxy Note Tak "Kanibal"

Kompas.com - 07/05/2013, 16:19 WIB
oik yusuf/ kompas.com

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung mengumumkan informasi harga retail dan  ketersediaan perangkat Galaxy Note 8. Perangkat dengan bentang layar 8 inci ini dihargai Rp 5.499.000 dan akan mulai dijual melalui promo khusus tanggal 10-12 Mei 2013.

Kehadiran Galaxy Note 8 memberikan alternatif menarik untuk para penggemar gadget yang sebelumnya tertarik dengan Galaxy Note II.

Terlebih lagi, Galaxy Note 8 dilengkapi sederet komponen hardware mumpuni seperti prosesor quad-core Exynos 1,6 GHz berkecepatan 1,6 GHz, RAM 2GB, serta layar lebih lebar. Harganya pun lebih murah dibanding Note II yang kini dibanderol pada kisaran Rp 7 juta.

Biarpun demikian, Mobile Phone Business Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Andry Sutamto optimis kedua Galaxy Note tak akan saling "memangsa".

"Soalnya, market kedua produk ini berbeda. Note II kami arahkan ke pengguna gadget yang selalu ingin produk terbaru, sementara Note 8 ditujukan bagi mereka yang pernah memiliki tablet 7 inci tapi menginginkan layar lebih besar," ujar Andry dalam acara Media Workshop di Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Baik Note II maupun Note 8 sama-sama dilengkapi dengan stylus S-Pen, sama dengan saudaranya, Note 10.1 berukuran 10 inci yang disebut Andry ditujukan bagi kalangan desainer grafis.

Bukan "phablet"

Andry mengatakan bahwa Samsung mengkategorikan Galaxy Note 8 sebagai "tablet" karena ukurannya yang lebih besar dari 5,7 inci. Menurut dia, produsen asal Korea ini menggolongkan gadget mobile dalam tiga kategori: smartphone, "note" (phablet), dan tablet.

Nama "Note" sendiri, lanjut Andry, tetap disematkan pada Galaxy Note 8 karena produk yang bersangkutan datang dengan stylus S-Pen, meski sebenarnya termasuk jenis tablet.

"Ukuran 8 inci ini benar-benar kategori baru yang kami harapkan bisa memenuhi kebutuhan entertainment dan produktivitas penggunna," ucap Andry, sambil menambahkan bahwa tablet berukuran 8 inci masih menawarkan portabilitas yang tinggi, ringan dan mudah dibawa-bawa.

Soal ukuran layar itu disebut Andry erat kaitannya dengan pola pemakaian gadget oleh pengguna. Survei yang dilakukan oleh Samsung Desember tahun lalu menunjukkan bahwa tablet dengan ukuran di bawah 8 inci biasanya hanya dipakai untuk urusan konsumsi konten dan social networking, bukan produktivitas.

Untuk mendukung aspek produktivitas itulah, menurut Andry, Samsung menanamkan hardware mumpuni pada Galaxy Note 8. "Muti-tasking bisa berjalan lancar berkat tenaga prosesor dan kapasitas RAM yang besar," jelasnya.

Pihak Samsung hanya memasarkan versi Galaxy Note 8 dnegan kapasitas on-board storage 16 GB di Indonesia karena versi 32 GB dinilai terlalu mahal. "Bedanya bisa satu jutaan. Lagipula perangkat ini sudah menyediakan slot micro-SD untuk ekspansi storage," pungkas Andry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com