Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Glass Bisa Unggah Foto ke Facebook

Kompas.com - 10/05/2013, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Google telah mengirimkan prototipe kacamata pintar Google Glass kepada para pengembang aplikasi yang telah melakukan pemesanan di konferensi Google I/O tahun 2012 lalu.

Beberapa saat setelah para pengembang menerima perangkat tersebut, beberapa aplikasi pihak ketiga pun mulai bermunculan. Salah satunya adalah GlassTweet, aplikasi tidak resmi (unofficial) yang bisa digunakan untuk mengirim tweet dari kacamata pintar Google ini.

Tidak lama setelah kehadiran aplikasi GlassTweet tersebut, kini bertambah satu lagi aplikasi unofficial. Bedanya, aplikasi baru ini mengizinkan penggunanya untuk mengakses Facebook. Aplikasi tersebut dinamakan Google Glass to Facebook.

Dalam tahapan awal ini, aplikasi tersebut tidak dilengkapi dengan fitur yang terlalu lengkap. Pengguna hanya diberikan kemampuan untuk mengunggah (upload) gambar yang diambil di perangkat Google Glass ke akun Facebook-nya. Dengan kata lain, pengguna tidak bisa melihat timeline, saling mengirim pesan, dan memberi "like" sebuah status.

Cara mengaktifkan aplikasi ini pun tidaklah terlalu sulit. Pengguna hanya perlu log-in ke akun Facebook melalui halaman Glass to Facebook, kemudian aktifkan Sharing Contacts via MyGlass. Setelah selesai, pengguna sudah bisa langsung mengunggah foto yang mereka ambil ke akun Facebook.

Saat sebuah gambar diambil dan diunggah dari sebuah smartphone, maka sistem Facebook akan secara otomatis akan membuatkan sebuah album yang dinamakan "Mobile Album".

Nah, hal tersebut juga berlaku di aplikasi tersebut. Sistem akan secara otomatis membuatkan album sendiri yang dinamakan "Glass to Facebook". Akan ada sebuah teks default yang menyatakan bahwa gambar tersebut diunggah dari Google Glass.

Hingga saat ini, pihak Facebook masih belum mengumumkan perihal pembuatan aplikasi Facebook resmi untuk Google Glass. Namun, situs teknologi TechCrunch sudah mendengar desas desus yang menyatakan, Facebook telah membentuk sebuah tim untuk mengerjakan aplikasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com