Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menunggu Hari Cerah BlackBerry Baru

Kompas.com - 14/05/2013, 18:31 WIB

Aditya Panji/KompasTekno BlackBerry


ORLANDO, KOMPAS.com -
Tak bisa dipungkiri, pada gelaran BlackBerry Live 2012 ada suasana pesimistik, atau setidaknya nuansa ketidakpastian, pada BlackBerry.

Jelas saja, pada saat itu BlackBerry 10 belum juga hadir secara resmi di pasar. Padahal, di saat yang sama, BlackBerry dihantam oleh berbagai isu seperti laporan keuangan yang kurang baik.

Tahun ini, 2013, suasananya jauh berbeda. BlackBerry telah menunaikan janjinya (pada Januari 2013) untuk melahirkan platform BlackBerry 10. Bahkan, perusahaan itu sudah berubah nama dari Research In Motion jadi BlackBerry.

Ya, boleh dibilang tahun ini ada sinar cerah yang membuat nama BlackBerry tak lagi sinonim dengan "usang". Apalagi, pada Maret 2013, BlackBerry membuat kejutan dengan melaporkan adanya keuntungan bagi perusahaan dan penjualan satu juta unit Z10.

Kalimat yang tepat untuk menggambarkan suasana BlackBerry Live 2013 adalah: cautiously optimistic. Ada semacam optimisme yang membumbung dari kehadiran BlackBerry sebagai petarung yang patut diperhitungkan di arena smartphone. Meskipun, masih ada "bumbu" kehati-hatian di sana.

BlackBerry Live 2013 akan dibuka pada Selasa, 14 Mei 2013 di Marriott World Center, Orlando, Florida. Wartawan KompasTekno Wicak Hidayat dan beberapa perwakilan media lainnya dari Indonesia turut hadir di gelaran ini.

Ada beberapa hal yang diharapkan akan muncul dari gelaran ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. BlackBerry diharapkan bisa menyampaikan update mereka mengenai kinerja BlackBerry 10 sejak diluncurkan. Seberapa besarkah volume penjualannya? Tunaikah janji sang CEO, Thorsten Heins, untuk mengapalkan 10 juta perangkat lebih?

2. Banyak pengguna, apalagi di Indonesia, yang masih menunggu perangkat BlackBerry dengan papan ketik Qwerty. Akankah BlackBerry mengumumkan R10 -- perangkat "versi hemat" yang rumornya sudah lama berkeliaran -- di gelaran ini?

3. Instagram untuk BlackBerry 10! Atau, jika Instagram memang belum ada, aplikasi lain yang memiliki banyak pengguna dan masih belum ada di platform itu.

4. Akankah Thorsten Heins melanjutkan komentarnya soal "kematian tablet"? Nah, bagaimana dengan PlayBook?

5. Hal lain yang juga diharapkan adalah pengumuman update sistem operasi ke versi 10.1 dan fitur apa yang ada di sana.

Dari negara bagian paling cerah di Amerika Serikat, akankah BlackBerry menyampaikan kabar yang menyenangkan? Nantikan dalam liputan langsung dari BlackBerry Live 2013 di Orlando.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com