Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Game Android Bisa Dilanjutkan di iOS

Kompas.com - 16/05/2013, 08:08 WIB

 

KOMPAS.com - Tak lama lagi gamer Android akan bisa menikmati fitur-fitur game Leaderboards dan Multiplayer melalui sebuah layanan baru bernama Google Play Games Services.

Hal itu diumumkan dalam konferensi developer Google I/O yang berlangsung di San Franciso, AS, Rabu (15/5/2013) waktu setempat.

Manajer produk Android Hugo Barra menjelaskan bahwa layanan bernama "Google Play Services" ini menyediakan sinkronisasi game di perangkat Android dengan jaringan cloud milik Google.

Salah satu manfaatnya adalah pengguna bisa menyimpan "save game" pada satu perangkat lalu melanjutkan game dari titik save yang sama dengan perangkat lain.

Game yang mendukung fitur multiplayer, seperti World of Goo, Riptide 2, dan Super Stickman Golf 2 pun akan bisa dimainkan bersama-sama antar-pemilik perangkat Android.

Lalu ada integrasi dengan Google+ untuk urusan Leaderboards dalam game sehingga pemain bisa membandingkan high score yang didapat dengan teman-teman.

Kebanyakan fitur Google Play Services sudah lebih dulu ditawarkan di platform iOS melalui Apple Game Center. Bedanya, layanan milik Google ini bersifat cross-platform alias akan diluncurkan juga untuk perangkat iOS. Jadi, misalnya, setelah main game di Android, gamer bisa melanjutkan game-nya di iPhone atau iPad dengan "save game" yang sama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com