Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akankah BlackBerry Jualan "Stiker" di BBM?

Kompas.com - 16/05/2013, 10:16 WIB

ORLANDO, KOMPAS.com — Salah satu pengumuman yang cukup mengejutkan di ajang BlackBerry Live 2013 adalah rencana BlackBerry melepas BlackBerry Messenger (BBM) ke Android dan iOS.

Hal pertama yang tampak dengan rencana BBM untuk Android dan iPhone itu adalah bakal bersaingnya BlackBerry—diakui atau tidak—dengan aplikasi messaging lain seperti Line, KakaoTalk, WeChat, atau WhatsApp.

Nah, apakah BBM akan menempuh metode monetisasi yang sama dengan aplikasi-aplikasi tadi?

Andrew Bocking, SVP, Software Product Management, BlackBerry, mengakui memang ada berbagai pendekatan yang telah dilakukan untuk monetisasi aplikasi messaging.

"Kami meninjau berbagai peluang yang ada, BBM Channel adalah yang pertama yang akan kami coba," ujar Andrew.

Lalu, bagaimana dengan in-app purchase, seperti yang dilakukan Line dengan fitur "stiker" mereka?

Andrew mengatakan, penjualan barang virtual seperti itu adalah salah satu yang juga sedang mereka pertimbangkan. Namun, ia tidak bisa memastikan apakah hal itu memang akan diterapkan.

Mengenai hubungannya dengan pembuat aplikasi messaging, Andrew mengatakan BlackBerry tetap tidak menganggap mereka sebagai lawan. "Kami memiliki hubungan rekanan yang baik dengan mereka dan hal ini akan kami jaga terus," ujarnya.

BBM untuk Android dan iPhone direncanakan akan hadir pada pertengahan 2013. Andrew mengatakan, BBM baru direncanakan hadir di dua platform itu saja.

Untuk platform lain, misalnya Windows Phone 8, Andrew mengatakan masih menunggu dari pengguna. "Kami memenuhi apa yang diinginkan pengguna dan sejauh ini mereka meminta versi Android dan iOS. Jika cukup banyak yang menginginkan di Windows Phone 8, kami akan mempertimbangkannya," ujar Andrew.

Saat ini, BBM untuk Android dan iOS belum diajukan ke toko aplikasi Google Play Store ataupun Apple iTunes App Store. Pengajuannya, ujar Andrew, akan dilakukan tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com