Jepret Minim Cahaya, "Smartphone" Mana Paling Bagus? - Kompas.com

Jepret Minim Cahaya, "Smartphone" Mana Paling Bagus?

Kompas.com - 20/05/2013, 17:05 WIB

KOMPAS.com — Kemampuan kamera di smartphone sudah menjadi fitur penting yang menjadi penentu keputusan untuk membeli sebuah ponsel pintar. Vendor-vendor smartphone pun tak hanya berlomba soal fitur atau spesifikasi hardware perangkat unggulannya. Teknologi kamera di smartphone pun jadi perhatian utama.

Salah satu fitur yang paling dicari dari kamera smartphone adalah kemampuan menghasilkan foto terbaik di kondisi yang minim cahaya (low light).

Smartphone mana yang paling jago soal low light? Untuk ranah ini, Nokia mengklaim kamera smartphone dari jajaran Lumia merekalah yang terbaik. Salah satunya adalah Lumia berbasis Windows Phone 8 terbaru, Lumia 925, yang baru saja dirilis pada Selasa (14/5/2013) lalu.

Hadir sebagai penerus Lumia 920, Nokia tidak menghadirkan update yang berarti dari segi spesifikasi pada Lumia 925. Perangkat tersebut hanya mendapatkan peningkatan di bagian desain dan kamera.

Nokia sendiri mengklaim bahwa kamera Lumia 925 lebih advance dibandingkan seri 920. Meskipun modul kamera yang digunakan sama, jepretan dari kamera Lumia 925 dikatakan lebih baik dibandingkan seri sebelumnya dan bahkan smartphone terbaru dari brand lain.

Sekadar catatan, Lumia 925 menggunakan kamera PureView—teknologi kamera yang juga buatan Nokia—dengan resolusi 8,7 megapiksel, lensa buatan Carl Zeiss, dan teknologi Optical Image Stabilizer.

Apa yang membuat kamera produk ini lebih baik dibandingkan dengan sang kakak dan juga kompetitornya? Menurut Nokia, hal tersebut disebabkan kombinasi antara algoritma software dan engineering kamera yang lebih baik, ditambah lensa Carl Zeiss. Lumia 925 memang telah dilengkapi dengan software terbaru Nokia, yaitu Nokia Smart Camera.

Nokia mengklaim, salah satu kelebihan dari aplikasi tersebut adalah kemampuan pengambilan gambar di cahaya yang minim (low light). Kamera ini tetap mampu menghasilkan gambar yang terang meski kondisi sedang remang-remang.

Untuk membuktikan klaim ini, Nokia telah mengambil beberapa foto menggunakan Lumia 925. Sebagai bahan perbandingan, Nokia juga menggunakan smartphone merek kompetitor, seperti Samsung Galaxy S4, Apple iPhone 5, HTC One, dan Sony Xperia Z.

Hasilnya, jepretan kamera Lumia 925 memang terlihat paling terang. Smartphone yang paling mampu mendekatinya adalah HTC One. Sementara dari kompetitor lain, gambar terlihat gelap dan terlihat noise.

Berikut hasil jepretan dari seluruh smartphone tersebut yang dikutip dari blog resmi Nokia.

Sony Xperia Z

Sony_Xperia_Zsm

Samsung Galaxy S4

Samsung_S4sm

Apple iPhone 5

iPhone5sm

HTC One

HTC_Onesm

Lumia 925

Lumia925_AutoModesm

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorReza Wahyudi
    Close Ads X