Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Spesifikasi XBox One

Kompas.com - 22/05/2013, 09:24 WIB

KOMPAS.com — Microsoft akhirnya membuka tabir misteri konsol gaming generasi terbarunya, XBox One, dalam sebuah konferensi pers yang berlangsung pada Selasa siang waktu Redmond, AS, atau Rabu (22/5/2013) dini hari waktu Indonesia.

Dalam acara tersebut, Microsoft telah secara resmi memamerkan konsol XBox One, controller, dan juga Kinect yang semuanya hadir dalam desain baru. Namun, Microsoft belum menyebutkan secara detail mengenai spesifikasi dari konsol generasi baru ini.

Meski demikian, Microsoft sudah memberikan beberapa bocoran. Salah satunya adalah prosesor. Produk ini dipersenjatai prosesor buatan AMD yang telah di-customize. Tidak disebutkan kecepatannya, tetapi prosesor ini memiliki delapan inti (octa core). Selain itu, prosesor ini diproduksi dengan proses fabrikasi 28 nm.

Tingkat konsumsi daya prosesor tersebut ternyata cukup tinggi. Dikutip dari Engadget, Rabu (22/5/2013), tingkat daya yang dibutuhkan mencapai 100 watt, sedikit lebih tinggi dari XBox Slim dan juga Playstation 3.

Microsoft tidak menyebutkan kartu grafis apa yang digunakan dalam produk ini. Namun, diketahui bahwa GPU tersebut mendukung DirectX 11.1 dan menggunakan memori ESRAM sebesar 32MB.

RAM yang digunakan berkapasitas 8GB. Jenisnya sedikit berbeda dari milik Playstation 4. XBox One menggunakan RAM DDR3, sedangkan Playstation 4 GDDR5.

Dari segi media penyimpanan, Xbox One menggunakan hard disk berkapasitas 500GB.

Xbox generasi baru ini tidak akan dipersenjatai dengan pemutar cakram DVD lagi. Nantinya, ia akan mendukung cakram berjenis Blu-ray, sama seperti yang digunakan di Playstation 3.

Selain itu, XBox One dilengkapi dukungan HDMI 1.4, port USB 3.0, port Ethernet, dan tiga WiFi 802.11n yang berbeda untuk berkomunikasi dengan controller dan perangkat lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com