Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK Cari Darin "Istri Luthfi" sampai Sekolah

Kompas.com - 23/05/2013, 11:39 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Keberadaan Darin Mumtazah, salah satu saksi kasus suap penambahan kuota daging sapi atas tersangka Luthfi Hasan Ishaaq, belum diketahui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan, petugas KPK mencari Darin hingga ke sekolahnya yang berada di kawasan Jakarta Timur.

Sri Zaidah, kepala SMK tempat Darin mengenyam pendidikan, mengungkapkan, beberapa petugas KPK sempat datang ke sekolahnya untuk mengetahui keberadaan Darin, beberapa waktu lalu. Namun, pihak sekolah pun mengaku tidak mengetahui keberadaan Darin.

"Dua minggu lalu KPK datang ke sini (sekolah). Mereka mencari informasi tentang Darin Mumtazah. Tapi kita juga tidak tahu dia di mana," ujarnya kepada wartawan di sekolah, Kamis (23/5/2013).

Menurut Sri, Darin yang duduk di bangku kelas XII SMK tersebut baru usai mengikuti ujian nasional. Oleh sebab itu, remaja yang berdasarkan data sekolah lahir di Bondowoso, 29 Maret 1994, tersebut tidak mengikuti kegiatan belajar-mengajar lagi di sekolah. Darin tinggal menunggu pengumuman kelulusan ujian sekolah, 24 April 2013 besok.

Sri tidak mau kasus yang menimpa sang anak didik dikait-kaitkan dengan sekolah tempat Darin mengenyam pendidikan. Hal tersebut pun sempat diutarakan Sri kepada petugas KPK. Untungnya, kata Sri, petugas lembaga pemberantasan korupsi tersebut menerima masukan pihak sekolah.

"Saya bilang sama petugasnya, jangan bawa-bawa nama sekolah karena kan beda persoalan. Untungnya mereka menuruti dengan mengatakan bahwa Darin Mumtazah hanya pelajar SMK di Jakarta Timur, tapi tidak disebutkan nama sekolahnya," ujarnya.

Soal pengumuman kelulusan, Sri mengatakan tidak mewajibkan siswanya untuk datang ke sekolah. Pasalnya, hasil kelulusan ujian nasional dapat dilihat melalui situs online.

Darin Mumtazah adalah seorang pelajar SMK di Jakarta Timur yang pernah dipanggil KPK sebagai saksi kasus dugaan pencucian uang Luthfi. Ia diduga punya hubungan dengan Luthfi.

Menurut catatan Kompas.com, Darin Mumtazah kali pertama dipanggil KPK, 12 April 2013. Saat itu, Darin dipanggil sebagai saksi bersama dengan dua istri Luthfi, Sutiana Astika dan Lusi Tiarani Agustine, karena dianggap tahu aliran aset Luthfi.

Karena tak hadir, KPK menjadwalkan kembali pemanggilan Darin Mumtazah pada 17 Mei 2013. Namun, Darin kembali tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK.

Hingga saat ini, belum diketahui persis sejauh mana hubungan Darin dengan Luthfi. Saat dikonfirmasi, Juru Bicara KPK Johan Budi hanya mengatakan, status Darin di surat panggilannya adalah seorang pelajar SMK. Johan juga mengaku belum mendapat informasi apa ada aset Luthfi yang diatasnamakan Darin atau aliran dana Luthfi kepada pelajar SMK itu.

Baca juga:
KPK Bisa Panggil Paksa Darin
Ibu Darin Bantah Anaknya Punya Hubungan Khusus dengan Luthfi Hasan

Ditanya soal Darin, Luthfi Hanya Melirik
Terkait Kasus Luthfi Hasan, Siswi SMK Ini Belum Penuhi Panggilan KPK

Ikuti berita terkait dalam topik:
Skandal Suap Impor Daging Sapi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com