Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Kurangi "Made In China"

Kompas.com - 26/05/2013, 14:59 WIB

Aditya Panji/KompasTekno Apple MacBook Pro

KOMPAS.com — Apple akan memindahkan lokasi perakitan komputer pribadi Mac dari China ke Texas, Amerika Serikat. CEO Apple Tim Cook mengatakan sedang menyiapkan sebuah pabrik di Texas untuk lini produk Mac.

"Kami menginvestasikan 100 juta dollar AS untuk membangun lini produk Mac di sini, di AS," ujar Cook seperti dikutip dari AllThingsD. "Produk ini akan dirakit di Texas, termasuk komponen yang dibuat di Illinois dan Florida, dan bergantung pada peralatan yang diproduksi di Kentucky dan Michigan."

Langkah ini akan membuat pajak yang ditanggung Apple menjadi lebih rendah untuk produk Mac. Dalam lini produk Mac, Apple kini memiliki komputer all-in-one iMac serta komputer jinjing MacBook Pro dan MacBook Air.

Apple belum mengungkapkan mitra pemanufaktur yang akan merakit Mac di Texas.

Namun, mitra pemanufaktur Apple di China, yakni Foxconn, ternyata juga memiliki pabrik di Texas. Baru-baru ini Foxconn mengatakan akan memperluas operasional manufakturnya di Amerika Serikat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang tidak disebutkan namanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com