Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kiamat PC" Diramalkan Makin Dekat

Kompas.com - 30/05/2013, 14:47 WIB

Amazon

KOMPAS.com  Industri PC tercatat mengalami penurunan terburuk pada kuartal pertama 2013. Namun, kondisi tersebut diprediksi tak akan berakhir di situ.

Seperti dikutip dari BGR, lembaga riset IDC memperkirakan angka pengapalan PC secara global akan terus menciut sepanjang 2013 sehingga mengalami penurunan 7,8 persen dibanding tahun lalu.

Penurunan disebut IDC akan berlanjut pada 2014, tetapi dengan angka yang lebih kecil, yaitu 1,2 persen.

Penyebab di balik melesunya industri PC atau "Kiamat PC" tak lain dan tak bukan adalah perangkat tablet yang populasinya terus menanjak.

Pada 2013, IDC memperkirakan angka shipment tablet akan tumbuh 59 persen menjadi 229,3 juta unit dari sebanyak 144,5 juta unit tahun lalu. Konsumen agaknya lebih memilih memakai perangkat ini ketimbang PC untuk memenuhi sejumlah kebutuhan komputasi.

"Banyak pengguna mulai menyadari bahwa beberapa kegiatan sehari-hari seperti browsing web, aktivitas di media sosial, mengirim e-mail, hingga memakai berbagai aplikasi tak membutuhkan tenaga ataupun media penyimpanan lokal yang besar (seperti pada PC)," ujar analis IDC Loren Loverde.

Ditambahkan olehnya, pengguna kini lebih mementingkan hal-hal seperti ukuran kecil, daya tahan baterai tinggi, instant-on, dan antarmuka layar sentuh yang intuitif.

"Ini bukan berarti PC ditinggalkan sepenuhnya, tetapi waktu yang dihabiskan untuk memakai PC jadi berkurang dan pengguna sudah merasa puas dengan komputer lama," imbuh Loverde. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com