Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

120 Ribu Wi-Fi Dibangun di Jawa Barat

Kompas.com - 04/06/2013, 13:44 WIB

sxc.hu Ilustrasi

KOMPAS.com - Jawa Barat akan membangun 120.000 titik Wi-Fi hingga 2014. Saat ini, 2.000 titik hotspot sudah terpasang di sejumlah tempat umum, sekolah, dan perkantoran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Dudi Sudrajat, Senin (3/6), menjelaskan, infrastruktur broadband dalam rangka program sejuta Wi-Fi Indonesia terus dipacu. Sarana saluran serat optik (fiber optic ducting) bawah tanah, misalnya, pekan lalu dibangun di Kota Bandung.

Agus Fitriandi, Direktur Utama PT Jabar Telematika, pelaksana proyek itu, menjelaskan, ducting bersama itu merupakan bagian dari Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Yakni, perkuatan konektivitas nasional melalui program National Broadband Network. PT Jatel sebagai anak perusahaan BUMD Jawa Barat mempunyai kewajiban mendorong terealisasinya pengoperasian ducting bersama.

Tahap awal, dibangun sarana saluran kabel serat optik bawah tanah secara bersama sepanjang 111,5 km dengan jumlah selongsong 28 unit senilai Rp 47 miliar. Selain meningkatkan konektivitas nasional, program ducting bersama ini juga akan memberikan keuntungan multiplier effect bagi pemerintah daerah.

Saat ini, PT Jatel telah menyelesaikan pemasangan serat optik sepanjang 97 km dan sedang mempersiapkan pembangunan pusat data yang berstandar internasional di Kota Bandung.

”Kami berharap peningkatan kapasitas ini bisa mendukung berbagai kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, dan perekonomian yang berujung pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Dudi.

Penataan jaringan serat optik dilakukan di Kota Bandung dengan memindahkannya ke saluran serat optik berkecepatan tinggi di bawah tanah. (DMU

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com