Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Siapkan Dua Android "Quad-Core"

Kompas.com - 06/06/2013, 20:26 WIB
Deliusno

Penulis

Deliusno/KOMPAS.com Andromax U Limited akan menggantikan Andromax U di pasaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartfren tampak semakin serius bermain di pasaran smartphone. Hal tersebut terbukti dengan rencana operator CDMA tersebut meluncurkan dua ponsel pintar Android yang telah menggunakan prosesor quad-core.

Dua perangkat yang sedang disiapkan oleh Smartfren untuk meramaikan pasaran smartphone Indonesia adalah Andromax U Limited dan Andromax V.

Andromax U Limited merupakan seri penerus dari seri perangkat populer Andromax U. Keduanya memang menggunakan desain yang sama. Andromax U Limited tetap akan hadir dengan bentang layar 4,5 inci berjenis IPS. Namun, ada beberapa spesifikasi hardware yang ditingkatkan oleh Smartfren, yaitu pada bagian prosesor dan juga RAM.

"Prosesor Andromax U Limited akan ditingkatkan menjadi quad-core. Sedangkan RAM yang tadinya hanya 768MB, akan kami tingkatkan menjadi 1GB," ujar Retno Kristiani, GM Smartphone Smartfren, saat berkunjung ke kantor redaksi Kompas.com di Palmerah, Jakarta, Rabu (5/6/2013).

Deliusno/KOMPAS.com Sistem operasinya sudah ditingkatkan ke Android 4.1 Jelly Bean

Selain itu, sistem operasi bawaan dari perangkat yang akan memulai debutnya di ajang pameran gadget Indonesia Cellular Show 2013, minggu depan, ini juga telah ditingkatkan ke Android 4.1 Jelly Bean. Sebelumnya, Andromax U menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Lebih lanjut, Retno menjelaskan, Andromax U Limited ini akan menggantikan produk Andromax U yang telah beradar di pasaran selama ini. Artinya, untuk ke depannya, hanya akan ada Andromax U dengan spesifikasi baru ini di pasaran Indonesia.

Deliusno/KOMPAS.com Dari sekian banyak smartphone yang akan diluncurkan tahun ini, Smartfren akan menghadirkan perangkat 5 inci dengan prosesor quad-core, Andromax V (paling kanan)

Selain Andromax U Limited, Smartfren mulai mengaplikasikan prosesor quad-core di perangkat yang dinamakan Andromax V. Smartfren sendiri menggunakan nama V di produk yang satu ini karena ia dipersenjatai dengan layar berukuran 5 inci.

Andromax V sendiri sebenarnya dibuat berdasarkan produk ZTE N986. Secara sepintas, perangkat yang satu ini memiliki bentuk yang sama dengan Google Nexus 4 buatan LG.

Prosesor yang digunakan adalah Mediatek MT6589 berkecepatan 1,2GHz yang dikombinasikan dengan RAM 1GB.

Sayangnya, pihak Smartfren masih belum mau membeberkan harga dari kedua perangkat tersebut. Informasi mendetail mengenai kedua perangkat ini dikatakan akan diumumkan pada Selasa, 11 Juni 2013..

ZTE Andromax V dibuat berdasarkan ZTE N986. Bentuknya mirip dengan LG Nexus 4.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com