Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet "Bay Trail" Bisa Jalankan Game PC

Kompas.com - 07/06/2013, 09:32 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Kemampuan komputasi gadget mobile semakin meningkat. Intel selaku salah satu pemain yang baru terjun ke industri ini selama beberapa tahun terakhir pun mengklaim sudah memiliki produk yang begitu bertenaga sehingga mampu menjalankan game untuk PC.

Produk yang dimaksud adalah prosesor tablet "Bay Trail" yang dibuat menggunakan arsitektur "Silvermont". Kinerja grafis prosesor ini diklaim tiga kali lebih tinggi dibandingkan pendahulunya (Clover Trail) sehingga disebut mampu menjalankan game yang didesain untuk PC.

"Prosesor Bay Trail dilengkapi pemroses grafis generasi ke-7 yang mendukung DirectX 11 dan gaming full-HD," ujar  General Manager Mobile and Communications Group Intel Hermal Eul dalam acara "Intel Inside Mobile" di Hotel Grand Hyatt Taipei, Rabu (5/6/2013).

Untuk mendemonstrasikan kemampuan Bay Trail, Eul dibantu seorang asisten menjalankan game PC Torchlight 2 di sebuah tablet yang diperkuat prosesor tersebut. "Seperti yang bisa dilihat, game ini mampu dijalankan dengan lancar," ujarnya, kendati game yang bersangkutan tampak sedikit terpatah-patah, menurut pengamatan Kompas Tekno seperti bisa dilihat pada video di bawah.

Pondasi 2-in-1

Tentu, peningkatan kemampuan Bay Trail dibanding pendahulunya tak terbatas di segi gaming saja. Intel pun mengklaim prosesor ini memiliki kinerja keseluruhan yang dua kali lebih tinggi dari "Clover Trail", di samping mendukung sistem operasi Windows 8.1 dan Android.

Sebelumnya, pada acara hari Selasa (4/6/2013), Executive Vice President and General Manager of Sales and Marketing Group Intel Tom Kilroy mengatakan bahwa Bay Trail akan digunakan di perangkat komputer "2-in-1" (gabungan laptop dan tablet), bersama dengan prosesor Haswell untuk PC.

"Bay Trail juga akan diperkaya dengan dukungan display 4K dan konektivitas LTE," ujar Kilroy. Dia menambahkan bahwa perangkat pertama yang menggunakan prosesor gadget masa depan Intel ini sudah akan muncul menjelang akhir tahun 2013. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com