Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Bantah BBM di Android dan iOS "Naik" 27 Juni

Kompas.com - 07/06/2013, 11:06 WIB

KOMPAS.com - Kabar terbaru tentang kapan layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) tersedia di perangkat Android dan iOS datang dari operator T-Mobile Inggris. Dalam "kicauan" di akun resminya, mereka mengungkapkan bahwa BBM bakal tersedia untuk diunduh pada 27 Juni 2013 mendatang.

Meskipun begitu, keakuratan dari informasi tersebut masih sedikit dipertanyakan. Alasannya, beberapa saat setelah tweet tersebut di-posting, pihak T-Mobile langsung menghapusnya.

Ditambah lagi, salah seorang perwakilan BlackBerry mengungkapkan kepada Cnet bahwa tanggal tersebut tidaklah akurat. Hingga saat ini, BlackBerry memang belum mengumumkan tanggal pasti dari kehadiran BBM untuk iOS dan Android.

"Ada laporan yang menyatakan bahwa BBM akan tersedia untuk iOS dan Android pada 27 Juni 2013, itu tidak akurat. Kami akan segera mengomunikasikan update berita secepatnya saat kami sudah mengetahui tanggal ketersediaan," tulis BlackBerry, menanggapi tweet dari T-Mobile.

Pernyataan dari BlackBerry ini tampaknya memang benar. Pasalnya, CEO BlackBerry Thorsten Hein pernah mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut baru akan dirilis pada Juli 2013.

BlackBerry sendiri sudah menyiapkan situs web khusus yang memberi informasi soal kedatangan aplikasi BBM di Android dan iOS.

Melalui situs tersebut, dengan memasukkan alamat e-mail, pengguna bisa mendapat informasi kedatangan aplikasi BBM.

Nantinya, aplikasi BBM bisa berjalan di iOS versi 6 ke atas dan Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas. Walaupun pada awalnya fitur BBM iOS dan Android tidak akan selengkap versi BlackBerry, pengguna masih bisa memanfaatkannya untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, dan membuat grup diskusi berisi 30 kontak.

Saat ini, BBM telah digunakan oleh 60 juta pengguna aktif bulanan. Lebih dari 51 juta orang menggunakan BBM rata-rata 90 menit per hari. Secara keseluruhan, setiap harinya ada 10 miliar pesan yang dikirim dan diterima pelanggan BBM. BlackBerry mengklaim jumlah ini dua kali lebih banyak dari pesan yang dikirim dan diterima aplikasi instan lainnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
BlackBerry 10

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com