Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple OS X 10.9 Bernama Mavericks

Kompas.com - 11/06/2013, 01:11 WIB

KOMPAS.com — Apple merilis sistem operasi komputer pribadi OS X versi 10.9 yang diberi nama Mavericks, dalam acara konferensi pengembang aplikasi Apple World Wide Developer Congress (WWDC) 2013, Senin (10/6/2013).

Senior Vice President Software Engineering Apple Craig Federighi menjelaskan, Mac OS X Mavericks menambahkan sejumlah fitur baru, antara lain kemampuan tab baru pada Finder untuk memudahkan pelacakan file di komputer Mac.

Nama Mavericks menandai era baru di Mac OS X setelah Apple menggunakan penamaan "kucing besar" untuk Mac OS X, seperti Tiger, Lion, atau Mountain Lion.

Federighi bahkan sempat bercanda dengan menampilkan gambar singa laut (Sea Lion) sebagai nama dari OS X 10.9. Mavericks, ujarnya, akan menjadi yang pertama dari nama-nama yang terinspirasi dari California, negara bagian AS tempat Apple bermarkas.

"Kami tidak ingin perangkat lunak kami tertunda karena pasokan nama dari kucing berkurang," ujar Federighi dengan nada bercanda.

Fitur lain yang juga ada di Mavericks adalah manajemen password pengguna dengan iCloud Keychain, yang menyimpan secara aman informasi pribadi seperti rincian log-in, nomor kartu kredit, dan data sensitif lain yang memerlukan sinkronisasi antar-perangkat.

Perangkat lunak peramban (browser) Safari juga diperbarui untuk meningkatkan perfoma. Federighi mengatakan, kinerja Safari lebih baik dari Chrome dan Firefox.

Seperti sistem operasi Mac OS X sebelumnya, Mac OS X Mavericks akan tersedia untuk diunduh dari toko aplikasi Mac App Store.

Versi developer Mac OS X Mavericks akan tersedia segera. Adapun untuk umum akan tersedia menjelang akhir tahun (musim gugur di AS). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com