Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rombak Desain Komputer Mac Pro

Kompas.com - 11/06/2013, 10:57 WIB

Arstechnica Apple perkenalkan Mac Pro baru di ajang WWDC 2013, Selasa (11/6/2013).

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan komputer desktop Mac Pro generasi terbarunya di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2013 yang berlangsung di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (11/6/2013).

Apple tampak benar-benar merombak total desain dari perangkat tersebut. Kali ini, produk workstation milik Apple ini hadir dengan casis silinder. Sekadar informasi, desain Mac Pro generasi sebelumnya mirip seperti komputer desktop pada umumnya, yaitu berbentuk kotak.

Ukuran dari perangkat generasi terbaru ini pun mengecil secara drastis. Menurut klaim Phil Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, ukuran Mac Pro baru ini hanya 1/8 dari generasi sebelumnya.

Apple Inilah tampilan belakang Mac Pro

Dari segi spesifikasi hardware, perangkat tersebut akan dipersenjatai dengan prosesor hingga Intel Xeon 256-bit yang memiliki 12 core dan RAM 1,866MHz DDR3.

Selain itu, Mac Pro ini juga akan dilengkapi media penyimpanan flash storage berbasis PCI-e yang memiliki kecepatan baca 1,25Gbps dan tulis 1,0 Gbps.

Perangkat berbentuk bulat ini nantinya akan menjadi perangkat Mac pertama yang hadir dengan grafis dual AMD FirePro GPU. Dengan memanfaatkan GPU tersebut, Mac Pro baru ini dapat mendukung layar dengan resolusi 4K.

Ia juga akan dilengkapi dengan 4 buah port USB 3.0 dan 6 port Thunderbolt 2 (mendukung 6 perangkat per port-nya dengan kecepatan 20Gbps).

Mac Pro baru tersebut nantinya akan diproduksi langsung di Amerika Serikat. Harganya belum dibeberkan, tetapi dikatakan akan meluncur tahun ini juga.

Mac Pro sendiri terakhir kalinya mendapatkan update pada Agustus 2010. Dari segi prosesor, perangkat ini hanya mendapatkan sedikit update di WWDC tahun 2012, tetapi menggunakan casis, arsitektur CPU, dan GPU yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com