Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Siapkan Dua iPhone Layar Lebar?

Kompas.com - 13/06/2013, 13:53 WIB

KOMPAS.com — Serbuan perangkat-perangkat Android dengan aneka macam bentuknya dilaporkan mulai memaksa Apple berpikir keras untuk membuat produknya tetap kompetitif di pasaran.

Produsen gadget yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat, ini sedang mempertimbangkan dua produk iPhone untuk dirilis tahun depan, masing-masing memiliki ukuran layar 4,7 inci dan 5,7 inci, menurut empat sumber anonim yang dikutip oleh Reuters.

Pemikiran tersebut konon dipicu oleh tekanan dari Samsung. Pabrikan asal Korea ini merebut sebagian pangsa pasar Apple lewat sejumlah produk smartphone dan phablet Galaxy berlayar lebar yang populer di kalangan konsumen. Samsung juga membanjiri pasar dengan aneka macam produk di level harga berbeda-beda.

Para sumber yang termasuk pihak dari jalur distribusi di Asia mengaku sudah didekati Apple untuk mendiskusikan perkara iPhone dengan layar lebar. Kendati demikian, masih belum diketahui apakah Apple akan benar-benar merilis dua iPhone tersebut atau tidak.

"Mereka terus mengubah spesifikasi produk sampai saat terakhir, jadi tidak bisa dipastikan apakah prototipe tersebut merupakan versi final atau bukan," ujar seorang sumber yang familiar dengan soal ini.

Di bawah tekanan

Apple belakangan dikiritik mulai melambat dalam berinovasi setelah ditinggal almarhum Steve Jobs. Perusahaan ini pun menghadapi tekanan untuk memperkenalkan lebih dari satu model handset tiap tahun.

Di sisi lain, perangkat-perangkat berlayar lebar seperti smartphone Galaxy S4 (5 inci) dan phablet Galaxy Note II (5,5 inci) dari Samsung terbukti disukai konsumen mobile yang banyak menghabiskan waktu berselancar di internet dan menonton streaming video.

Hal-hal tersebut boleh jadi akan memaksa Apple untuk mengikuti tren pasar. Tahun lalu, perusahaan ini meluncurkan iPhone 5, smartphone pertama Apple yang melenceng dari pakem layar 3,5 inci yang dulu disebut almarhum Steve Jobs sebagai "ukuran yang sempurna untuk konsumen".

Tahun ini, Apple diperkirakan bakal meluncurkan suksesor iPhone 5, sebut saja "iPhone 5S". Selain itu, Apple juga disebut bakal melepas iPhone versi murah dalam lima atau enam pilihan warna untuk membedakannya dari iPhone model premium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com