Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bisa Video, Rekaman "15 Detik" Diumbar

Kompas.com - 23/06/2013, 13:30 WIB

Instagram

KOMPAS.com - Layanan video di instagram yang diluncurkan Kamis (20/6/2013) kemarin ternyata segera populer di kalangan pengguna.

Seperti dilaporkan oleh TechCrunch, hanya dalam waktu 24 jam setelah layanan video resmi tersedia, sudah 5 juta video diunggah melalui aplikasi photo sharing populer tersebut.

Dalam 8 jam pertama saja, pengguna Instagram sudah mengunggah demikian banyak video sampai diperlukan waktu kira-kira setahun penuh untuk menonton semuanya.

Pengguna Instagram menunggah 40 jam video setiap menit selama puncak arus upload. Dengan asumsi setiap video diunggah oleh satu orang unique user Instagram, maka layanan video ini telah dicoba oleh 3,8 persen basis pengguna Instagram yang berjumlah 130 juta.

Layanan video Instagram memungkinkan pengguna mengunggah rekaman video berdurasi 15 detik, lebih panjang dari Vine, layanan serupa dari Twitter, yang menawarkan durasi 6 detik.

Instagram juga memberikan fasilitas editing dan 13 filter baru untuk dipakai di video.

Twitter bereaksi

Menjelang kemunculan video Instagram, Twitter selaku pemilik Vine yang sudah lebih dulu menyediakan fasilitas upload video sejak tahun lalu segera bereaksi dengan memperbarui aplikasinya.

Mulai Jumat (21/6/2013) kemarin, aplikasi Vine untuk Android sudah bisa melakukan sharing langsung ke Facebook setelah sebelumnya hanya terbatas ke Twitter saja. Update lain termasuk fitur pencarian dengan hashtag atau mention nama pengguna.

Satu fitur yang masih belum pada aplikasi Vine versi Android adalah dukungan kamera depan smartphone untuk perekaman video. Kemampuan yang satu ini sudah dimiliki oleh Instagram.

Twitter menyatakan bahwa dukungan dua kamera (depan dan belakang), untuk aplikasi Vine di Android akan menyusul kemudian. Untuk sekarang, update Vine di toko aplikasi Google Play menjanjikan peningkatan kecepatan perekaman dan kualitas video. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com