Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Rilis Jam Tangan Android SmartWatch 2

Kompas.com - 26/06/2013, 12:21 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com — Sony Mobile membuat kejutan dengan kembali merilis jam tangan pintar berbasis Android, Sony SmartWatch 2. Dibanding seri sebelumnya, penerus SmartWatch edisi kedua ini telah memiliki kelebihan yaitu tahan air.

Director of Xperia Marketing Sony Mobile Communications Callum MacDougall mengatakan, pengguna biasanya memegang ponselnya berulang kali dalam sehari untuk membaca pesan, mengecek waktu, melihat dan membuat update jejaring sosial, menggunakan aplikasi favorit, mengambil gambar, mendengarkan musik hingga bermain video game.

"Dengan perangkat ini, pengguna bisa mengendalikan ponsel tanpa perlu mengeluarkan ponsel dari saku maupun tas," kata Callum saat konferensi pers di Hotel Jumeirah, Shanghai, China (25/6/2013).

Callum menambahkan dengan perangkat ini, pengguna bisa menggabungkan bentuk dan fungsi menjadi satu yaitu sebagai jam tangan multifungsi, pengingat, antarmuka aplikasi Android, dan remote kontrol ponsel. Aplikasi media sosial seperti Twitter dan Facebook pun tersedia di arloji pintar ini.

Fitur terbaru dari suksesor sebelumnya ini adalah konektivitas Near Field Communications (NFC) untuk pairing sekali sentuh, khususnya dengan ponsel terbaru apa pun keluaran Sony. Dengan fitur ini, ponsel bisa terhubung dengan headset nirkabel, speaker portabel, hingga televisi keluaran Sony.

Saat Kompas.com mencobanya, jam tangan anti-air ini mirip dengan jam biasa yang ada di pasar. Bedanya, jam tangan ini memiliki sejumlah fitur yang membedakan dengan jam tangan biasa.

Di sisi kanan, jam tangan ini memiliki tombol Power (masih memakai desain OmniBalance, sama dengan desain yang dipakai di Sony Xperia Z dan Xperia Z Ultra). Di sisi kiri, ponsel cuma ada colokan USB yang sekaligus digunakan untuk colokan daya.

Jam tangan pintar ini mampu bertahan maksimal empat hari. Jika tidak digunakan apa pun, hanya berfungsi sebagai jam, SmartWatch 2 sanggup bertahan hingga seminggu.

Di depan layar, jam tangan berbahan bodi aluminium dan rantai aluminium ini menampilkan antarmuka jam analog. Tidak ada tombol apa pun di muka layar, sebab memiliki tampilan seperti ponsel Android lainnya, yaitu tombol Home, Back dan satu tombol untuk menggeser aplikasi ke atas dan ke bawah.

Di layar sentuh ini, jam tangan juga memiliki sejumlah fungsi yang bisa dipilih dengan menggeser seperti layar di ponsel Android lain. Cuma karena ukuran layar hanya 1,6 inci, maka resolusi layarnya hanya 220 x 176 piksel.

Fitur utama Sony SmartWatch 2:
- Memiliki konektivitas Near Fields Communications (NFC) pertama di dunia
- Layar mampu terbaca meski di bawah sinar matahari (screen brightness)
- Tahan air (IP57)
- Pengaturan mudah
- Material bodi aluminium dan rantai stainless steel
- Kompatibilitas luas khususnya dengan kebanyakan ponsel Android
- Gelang tangan jam dapat ditukar sesuai keinginan. Tersedia dalam warna biru, merah muda, putih, dan hitam
- Tersedia mulai September 2013

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com