Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menjajal Sony Xperia Z Ultra

Kompas.com - 26/06/2013, 16:19 WIB

Sony Mobile Communications Xperia Z Ultra

SHANGHAI, KOMPAS.com — Sony Mobile Communications merilis varian baru ponsel pintar Android Xperia Z, yaitu Xperia Z Ultra. Apa saja keunggulan dan keunikan dari ponsel ini?

Jurnalis Kompas.com, Didik Purwanto, berkesempatan menjajal Xperia Z Ultra di Hotel Jumeirah Shanghai, China, Selasa (25/6/2013).

Xperia Z Ultra memiliki bentang layar yang besar, berukuran 6,4 inci. Untuk sebuah ponsel, ukuran ini jelas terlalu besar. Sementara untuk tablet, ukuran Xperia Z Ultra terbilang tanggung karena biasanya tablet hadir dengan ukuran 7 inci.

Xperia Z Ultra dapat didefinisikan sebagai perangkat perpaduan tablet dan ponsel. Sony mengklaim Xperia Z Ultra memiliki segmen pasar tersendiri dan memang ada permitaan dari pasar untuk produk macam ini.

Xperia Z Ultra 1

Layar sebesar ini cukup nyaman dipakai untuk menonton video, membaca buku elektronik, bermain game, dan berselancar internet. Mata Anda akan dimanjakan saat melihat layar yang cemerlang dengan dukungan teknologi Triluminos.

Kamera utama 8MP terdapat di bagian belakang. Panel belakang Xperia Z Ultra terbuat dari materi kaca antigores dan antipecah, yang membuatnya nampak elegan dan mewah. Materi ini juga digunakan pada Xperia Z.

Bagi pengguna yang terbiasa dengan jari dan telapak tangan yang berkeringat, mungkin bakal terasa licin saat menggenggam ponsel ini.

Terdapat tombol power berwarna perak di sisi kanan ponsel. Tombol ini disebut Sony sebagai Omni Balance. Masih di sisi kanan, ada tombol pengatur volume, port untuk jack audio, slot kartu SIM, dan MicroSD (hingga 64GB).

Di sisi kiri ponsel, hanya ada port untuk MicroUSB yang juga berfungsi untuk mengisi daya baterai. Hanya ada dua pilihan warna untuk Xperia Z Ultra, yakni hitam dan putih.

Xperia Z Ultra merupakan ponsel tertipis yang pernah dibuat Sony, tebalnya hanya 6,5 mm. Jika Anda menggenggamnya dengan satu tangan, ibu jari Anda tak akan bisa meraih seluruh layar. Alangkah lebih nyaman jika memegang Xperia Z Ultra dengan dua tangan dan bernavigasi dengan dua ibu jari.

Xperia Z Ultra menyandang sertifikat IP55 dan IP58, sebuah standar ketahanan internasional. Ponsel ini didesain tahan air dan debu. Anda dapat mengajaknya menyelam di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Sony membekali prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 800 kecepatan 2,2GHz pada Xperia Z Ultra. Sistem operasi yang digunakan adalah Android versi 4.2 (Jelly Bean). Sementara daya tahan hidupnya ditopang oleh baterai berkapasitas 3.000mAh.

Sony juga membekali Xperia Z Ultra dengan pena stylus untuk menggambar di layar. Bukan hanya pena stylus, layar ponsel ini juga mampu mendeteksi torehan pensil atau pena untuk aktivitas menggambar. Namun, pena yang digunakan harus terbuat dari logam dengan diameter lebih dari 1mm.

Xperia Z Ultra 2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com