Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Geleng" iOS 7 Mirip Galaxy S4

Kompas.com - 28/06/2013, 13:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Gerakan anggota tubuh seperti kepala dan mata bisa dipakai untuk mengendalikan gagdet. Contoh terkenal yang menerapkan fitur ini adalah smarpthone Galaxy S4 dari Samsung.

Nah, Apple agaknya juga tertarik mengimplementasikan fungsionalitas serupa pada gadget mobile bikinannya. Seperti dikutip dari 9to5mac, fitur pengendalian dengan gerakan kepala ditambahkan ke versi beta terbaru dari sistem operasi mobile iOS 7 yang dirilis Senin (24/6/2013) lalu.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menggelengkan kepala ke kiri dan kanan untuk melakukan hal-hal seperti kembali ke home screen, memilih aplikasi, dan mengatur volume suara.

Fungsionalitas tersebut disinyalir merupakan opsi accessibility yang bisa dihidupkan atau dimatikan. Opsi accessibility biasanya diperuntukkan bagi pengguna yang memiliki masalah pendengaran, pengelihatan, atau kendala fisik lainnya. Pilihan untuk memodifikasi fitur yang bersangkutan sesuai selera juga disediakan.

9to5mac melaporkan bahwa fitur input dengan gerakan kepala ini masih butuh banyak perbaikan. Masih belum jelas pula apabila Apple benar-benar berniat menyematkan kapabillitas tersebut pada iOS 7 versi final.

iOS7 sendiri merupakan sistem operasi mobile terbaru dari Apple yang kehadirannya diumumkan pada konferensi WWDC 2013 awal Juni lalu. Sistem operasi ini membawa perubahan besar dibanding pendahulunya, mencakup tampilan icon, penambahan Control Center, jendela khusus multi-tasking, update otomatis, hingga fitur-fitur kamera baru.

9to5mac.com Pilihan gesture control pada iOS7 Beta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com