Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Kini Bebas Awan

Kompas.com - 28/06/2013, 16:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Foto satelit di Google Maps dan Google Earth mampu memperlihatkan pemandangan bumi sebagaimana terlihat dari angkasa. Tapi, selama ini beberapa area tidak bisa dilihat dengan jelas lantaran terhalang oleh awan.

Pada Rabu (26/6/2013) kemarin, Google mengumumkan telah memperbarui foto satelit pada dua layanan tersebut menggunakan rangkaian gambar baru yang menghilangkan awan-awan di atas permukaan bumi, bahkan di daerah tropis sekalipun yang biasanya selalu dipenuhi awan.

Alhasil, bentuk sebenarnya dari planet biru ini terlihat sangat jelas karena tak lagi terhalang hamparan awan. Kontur daerah perkotaan, pegunungan, dan lautan dengan kedalaman yang berbeda-beda pun tampak lebih mengemuka.

Google
Tugu Monas dilihat dari Google Maps

Untuk mewujudkan hal tersebut, Google mengumpukan ratusan terabyte data dari United States Geological Survey dan satelit Landsat 7 milik Nasa dengan Google Earth Engine.

Hasilnya adalah pemandangan seluruh planet yang konsisten dan mendetail dengan resolusi 15 meter per pixel, jauh lebih halus dari data sebelumnya yang memiliki tingkat resolusi 1 km per pixel.

Pembaruan ini turut mencakup penyediaan foto-foto satelit baru untuk sejumlah wilayah secara bertahap, termasuk Indonesia.

Ingin mencoba melihat tampilan bumi yang bebas awan ini? Cukup kunjungi laman Google Maps dan nyalakan fitur Satellite view. Bisa juga dengan menjalankan Google Earth dan melakukan zoom out.Google Tampilan Papua di Indonesia sebelum (kiri) dan sesudah pembaruan Google Maps yang menghilangkan hamparan awan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com