Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Ingin Amankan Nama "iWatch"

Kompas.com - 02/07/2013, 12:30 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — Apple telah mengajukan merek dagang "iWatch" di Jepang, kata seorang pejabat urusan paten setempat, Senin (1/7/2013). Besar kemungkinan Apple sedang menyiapkan perangkat komputer yang bisa dipakai di tubuh manusia, atau biasa disebut wearable device.

Seperti dikutip dari kantor berita Reuters, aplikasi merek dagang "iWatch" diajukan Apple pada 3 Juni 2013, lalu dirilis di situs resmi Kantor Paten Jepang pada 27 Juni 2013.

Juru bicara Apple di Jepang enggan memberi komentar soal merek dagang tersebut.

Berdasarkan spekulasi yang beredar di industri teknologi, Apple disebut sedang mengembangkan perangkat serupa jam tangan dan akan memakai platform iOS, sebuah sistem operasi yang berjalan di iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Perusahaan teknologi yang memiliki unit bisnis perangkat mobile sedang mencari solusi komputasi baru. Setelah mobile, tren komputasi bisa jadi akan bergeser ke wearable device.

Selain Apple, Samsung juga mengembangkan jam tangan pintar. Sony telah lebih dulu meluncurkan jam tangan pintar SmartWatch berbasis Android, bahkan kini sudah mencapai generasi kedua.

Google juga tak mau kalah. Raksasa mesin pencari internet ini masih fokus pada produk kacamata pintar yang diberi nama Google Glass. Meski belum diproduksi dan dipasarkan secara massal, Google telah memamerkan beragam kemampuan Google Glass, mulai dari memotret, merekam video, bahkan perangkat ini bisa dikendalikan dengan suara manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com