Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Xbox Didapuk Jadi CEO Zynga

Kompas.com - 02/07/2013, 15:28 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber PC World
KOMPAS.com — CEO perusahaan game Zynga Mark Pincus mengumumkan bahwa ia akan segera mundur dari jabatannya. Posisinya akan digantikan oleh Don Mattrick, pimpinan bisnis Xbox.

Meski mundur, Pincus tidak akan benar-benar meninggalkan Zynga. Pincus akan menduduki posisi Chairman dan Chief Product Officer. Adapun Mattrick akan bekerja di Zynga mulai minggu depan.

Tidak ada alasan yang jelas di balik keputusan mundurnya Pincus ini. Namun, dalam beberapa waktu belakangan ini, bisnis Zynga memang sedang dilanda masalah besar. Harga saham menurun, dan pegawai andalan banyak yang hijrah ke perusahaan lain, merupakan dua masalah yang belum mampu diselesaikan oleh Pincus. Baru-baru ini pun, perusahaan yang terkenal dengan game Farmville tersebut baru menutup kantor dan merumahkan 500 pegawai.

Pincus sendiri memang tampak sudah mulai menyerah. Dalam surat pengunduran dirinya yang di-posting di situs resmi Zynga, ia mengatakan, "Jika saya dapat menemukan seseorang yang bisa melakukan perkerjaan yang lebih baik sebagai CEO, saya akan melakukan segala hal untuk merekrut dan membawa masuk orang tersebut."

"Saya percaya diri bahwa Don adalah pemimpin itu," kata Pincus.

Sebagai kepala divisi interactive entertainment di Microsoft, Mattrick merupakan salah satu kunci penting di pengembangan dan bisnis Xbox One, Xbox 360, Xbox Live, dan Kinect.

Saat di Microsoft, Mattrick berhasil menambah jumlah anggota Xbox Live dari 6 juta ke 48 juta orang hanya dalam kurun waktu 2 tahun. Mattrick juga merupakan orang di balik pengembangan permainan franchise seri FIFA, Harry Potter, dan The Sims.

"Don unik dalam bisnis game. Dia bisa menjalankan banyak domain," ujar Pincus, seperti dikutip dari PC World, Selasa (2/7/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com