Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Lawas Terganggu, BlackBerry 10 Lancar

Kompas.com - 03/07/2013, 17:09 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gangguan layanan Blackberry yang terjadi pada Rabu (3/7/2013) ternyata hanya menimpa pengguna ponsel bersistem operasi Blackberry OS versi 5, 6, atau 7. Sementara ponsel bersistem operasi Blackberry 10 tidak mengalami gangguan.

Beberapa juru bicara operator seluler di Indonesia membenarkan hal tersebut. "Pengguna Blackberry 10 hari ini tidak mengalami gangguan," kata Henry Wijayanto, Manager Public Relations Corporate Communications XL Axiata.

Hal senada juga diamini Head of Corporate Communications Axis Anita Avianty.

Meski pihak Blackberry Indonesia belum mengonfirmasi soal penyebab gangguan, beberapa pengamat memprediksi gangguan ini berasal dari Blackberry Internet Service (BIS) yang merupakan jalur khusus koneksi internet ponsel Blackberry OS.

Division Head Data Services Indosat Sharif Mahfoedz mengatakan, semua komunikasi yang berhubungan dengan internet dari Blackberry OS harus melewati jaringan dan server BIS, termasuk Blackberry Messenger (BBM), e-mail, berselancar internet, sampai jejaring sosial.

"Sementara ponsel Blackberry 10 tidak lagi memakai BIS. Dia menggunakan jalur internet normal, yang juga dipakai smartphone pada umumnya," terang Sharif ketika dihubungi KompasTekno.

Ya, ponsel Blackberry 10 tidak lagi menggunakan jalur khusus BIS. Hal inilah yang membuat perangkat Z10 dan Q10 tidak mengalami gangguan pada hari ini.

Inilah salah satu keuntungan lepasnya BIS dalam platform Blackberry. Selain itu, perangkat Blackberry 10 dapat mengakses internet lebih cepat karena tak ada teknik kompresi volume data saat pengguna berselancar internet.

Meski tak ada BIS di Blackberry 10, perusahaan asal Kanada ini mengklaim masih menggunakan enkripsi tingkat tinggi untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan pengguna.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Gangguan Layanan Internet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com