Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Pintar Bisa Gantikan Sopir

Kompas.com - 10/07/2013, 08:12 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Tiga mahasiswa dari Australia memberi wacana baru dalam teknologi mobil otomatis yang bisa berjalan tanpa pengemudi. Mereka menggunakan ponsel pintar untuk mengendalikan mobil tersebut.

Ketiga mahasiswa itu adalah Tommi Sullivan, Michael Lennon, dan Yukito Tsunoda, yang berasal dari jurusan teknologi dan informasi Universitas Griffith, Queensland, Australia.

Mereka membuat purwarupa mobil mainan yang dibekali pedal. Ponsel pintar dipasangkan di bagian depan mobil. Dua fitur pada ponsel pintar ini dimanfaatkan, yakni kamera dan GPS. Kamera digunakan untuk mengidentifikasi jalur, sedangkan GPS untuk navigasi.

"Sebuah kendaraan tak berawak biasanya menggunakan kamera atau sensor yang berbeda, atau Ladar (Light Detection And Ranging) di atas. Tetapi keunikan dalam mobil ini, adalah sebagian besar sensor yang digunakan berasal dari ponsel pintar," kata Sullivan seperti dikutip dari CNet.

Tsunoda menambahkan, mereka punya harapan dapat membuat teknologi ini agar dapat digunakan oleh publik. "Kami berharap suatu hari melihat orang-orang menggunakan ponsel pintar untuk menjalankan mobil dalam kehidupan nyata," ujarnya.

Atas inovasi teknologi mutrakhir ini, mereka memenangkan Queensland iAward 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com