Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kandang Samsung, Pengguna iPhone Kurang Setia?

Kompas.com - 10/07/2013, 16:01 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi, apabila pengguna iPhone di seluruh dunia terkenal sebagai pengguna yang setia. Namun, tampaknya anggapan tersebut tidak berlaku di markas Samsung, Korea Selatan.

Sebuah survei terhadap 416 pemilik iPhone di Korea yang diadakan oleh DIGIECO atau KT Economics dan Management Research Institute, memperlihatkan bahwa 53 persen dari pengguna tersebut berencana untuk tidak menggunakan produk buatan Apple tersebut di kemudian hari.

Hasil tersebut bertolak belakang dari Samsung. Dari total 3.763 pengguna smartphone yang berusia antara 13 hingga 69 tahun yang disurvei, hanya sekitar 35 persen pengguna Samsung yang berencana menggunakan smartphone merek lain.

Menurut Phone Arena, ini merupakan pertama kalinya sebuah hasil survei memperlihatkan bahwa pengguna iPhone tidak setia terhadap Apple. Sebelumnya, dalam beberapa kasus, pengguna setia produk Apple pernah mencapai angka lebih dari 90 persen.

Hasil penelitian lainnya juga menunjukkan kabar yang kurang mengenakkan bagi Apple. Meski Samsung memang mendominasi pangsa pasar negeri K-Pop tersebut, masih ada cukup ruang bagi Samsung untuk terus atau merebut pangsa pasar dari perusahaan lain seperti Apple.

Hal tersebut terlihat dari hasil survei berikut ini, dari seluruh pengguna Samsung, hanya 351 orang atau 16,3 persen yang berpikir untuk mencoba iPhone. Sementara itu, dari seluruh pengguna iPhone, ada 144 orang atau 34,6 persen pengguna yang ingin mencoba produk seri Galaxy buatan Samsung.

Pengguna iPhone di Korea Selatan tampaknya berada di usia produktif untuk bekerja, yaitu antara 20 hingga 30 tahun. Sedangkan pengguna seri Galaxy lebih beragam, berada di semua rentang umur dan lokasi di negara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com