Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MUI: Ramadhan, Jangan Politisasi Masjid

Kompas.com - 10/07/2013, 17:55 WIB
Hindra Liauw

Penulis

Sumber Antara
JAKARTA, KOMPAS.com — Majelis Ulama Indonesia mengharapkan masjid tidak digunakan untuk kegiatan politik ketika Ramadhan.

"Masjid jangan dipolitisasi. Kalau mau melakukan kegiatan partai, sebaiknya jangan di masjid karena di masjid itu terdiri dari banyak orang dengan partai berbeda-beda pula," ujar Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin di Jakarta, Selasa (9/7/2013).

Ma’ruf mengatakan, tahun 2013 akan makin banyak politisi yang berebut simpati dengan mendatangi masjid-masjid karena Pemilu 2014 makin dekat. "Politisi, terutama para caleg, jangan menggunakan masjid untuk kampanye," katanya.

MUI juga menyerukan kepada umat Islam untuk tidak terjebak pada pertentangan dan perselisihan, termasuk perbedaan paham keagamaan. Selain itu, katanya, MUI juga akan melakukan pantauan terhadap tayangan stasiun televisi dan radio serta mengharapkan media massa tidak menyiarkan tayangan yang bermuatan ramalan, kekerasan, lawakan berlebihan, serta cara berpakaian yang tidak sesuai.

"MUI juga menyerukan kepada segenap umat Islam untuk membacakan qunut nazillah untuk keselamatan bangsa dan dunia Islam," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com