Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL-Vast Bisa Matikan Mesin dan Lacak Posisi Mobil

Kompas.com - 13/07/2013, 13:00 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan operator seluler XL Axiata meluncurkan layanan digital XL-Vast (Vechile Assistant) pada Jumat (12/7/2013) di Surabaya. Layanan ini menghubungkan komunikasi antara manusia dengan kendaraannya.

XL coba menjawab kebutuhan konsumen yang kurang menaruh perhatian terhadap kendaraan. Pemilik kendaran bisa mendapat informasi umum tentang kendaraan, pengingat kapan harus melakukan servis berkala, sampai memberi reaksi ketika kendaraan dicuri maupun dibajak.

Vice President XL East Region Titus Dondi mengatakan, layanan ini merupakan perpaduan dari industri otomotif dan seluler. "XL-Vast adalah pertama dan satu-satunya di Indonesia karena komunikasi pintar antara pemilik dan kendaraannya ini hanya bisa digunakan di jaringan XL," ujar Titus dalam siaran pers.

Seperti dikutip dari Surya Online, penjualan layanan XL-Vast dibundel dengan perangkat GPS seharga Rp 1.799.000.

XL mengklaim, fungsi XL-Vast yang juga berfungsi sebagai GPS tracker dapat memiliki kemampuan melacak posisi dan mematikan mesin serta elektrikal kendaraan. Bahkan, ia bisa menyadap pembicaraan di kabin penumpang.

Layanan ini merupakan hasil kerjasama XL dengan perusahaan penyedia solusi keamanan teknologi informasi Rumah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com