Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacBook Air Terbaru Kena Penyakit Suara Unik

Kompas.com - 16/07/2013, 13:11 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com — Apple resmi memperkenalkan lini baru seri notebook tipis, MacBook Air, pada ajang Worldwide Developers Conference 2013 (WWDC 2013) di San Francisco, pertengahan Juni 2013 lalu. Bersamaan dengan pengenalan ini, Apple langsung merilis produk baru ini ke pasaran melalui Apple Store.

Hadir sebagai produk baru dengan spesifikasi terkini, MacBook Air generasi teranyar ini ternyata memiliki beberapa masalah teknis. Salah satu masalah yang sedang banyak dibahas adalah volume suara.

Dikutip dari Ubergizmo, Selasa (15/7/2013), banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa volume suara perangkat ini berfluktuasi alias membesar dan mengecil sendiri.

Uniknya, ini hanya terjadi pada saat pengguna sedang menonton video. Selain itu, masalah tersebut hanya menimpa beberapa aplikasi pemutar video, seperti VLC, iTunes, Chrome, dan juga Quicktime.

Beberapa pengguna mengatakan, fluktuasi volume ini terjadi di level menengah, tidak terjadi pada saat level rendah maupun tinggi.

Sementara itu, beberapa pengguna lain juga mengungkapkan, produk MacBook Air keluaran tahun 2013 ini mengalami masalah WiFi. Pengguna mengeluhkan beberapa kali produk tersebut secara otomatis disconnect/putus dari jaringan WiFi.

Kemungkinan besar dua masalah ini terjadi karena adanya bug di sistem operasi. Saat ini, Apple diketahui sedang mencari jalan keluarnya dan akan meluncurkan "penambal" bug secepatnya.

MacBook Air keluaran tahun 2013 hadir dengan platform baru. Kini, ia menggunakan platform terbaru Intel, yaitu Haswell. Penggunaan prosesor seri baru ini berdampak besar bagi MacBook Air. Haswell tidak "memakan" daya sebesar prosesor generasi sebelumnya. Artinya, MacBook Air baru ini bisa beroperasi lebih lama dibandingkan generasi sebelumnya.

Dengan prosesor baru ini, Apple mengklaim, MacBook Air dapat hidup selama 12 jam untuk versi 13 inci dan 9 jam untuk versi 11 inci. Kemampuan tersebut meningkat dari 7 jam dan 5 jam pada model tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com