Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Samsung Nomor Satu, Apple Nomor Empat"

Kompas.com - 17/07/2013, 09:21 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Samsung dan Apple merupakan dua seteru yang bersaing keras di ranah barang elektronik konsumen. Manakah di antara dua pabrikan ini yang produk-produknya lebih dipilih oleh pengguna?

Sebuah laporan dari Strategy Analytics mengungkapkan bahwa brand Samsung ternyata lebih kuat di mata konsumen dibandingkan Apple dalam hal preferensi merek elektronik secara keseluruhan.

Perusahaan asal Korea tersebut, menurut hasil riset Technology Brand Preference Strategy Analytics, yang melibatkan 6.180 responden dari Amerika Serikat dan Eropa, duduk di urutan pertama dengan angka preference rating 58,7. Sementara Apple ada di urutan empat dengan angka 22,4.

Rating preferensi di sini menunjukkan perbandingan jumlah konsumen yang menyatakan bakal memilih sebuah merek tertentu saat akan membeli produk elektronik, seperti komputer, ponsel, serta TV, dan jumlah konsumen yang tidak akan memilih merek tersebut.

Brand preference memperlihatkan merek mana yang lebih dipilih oleh konsumen dengan asumsi harga dan ketersediaan yang sama untuk sebuah kategori produk.

Kepala analis Strategy Analytics David Mercer mengatakan bahwa kunci kesuksesan Samsung terletak pada strategi pemasaran perusahaan tersebut. "Perusahaan ini (Samsung) berhasil meningkatkan kekuatannya di setiap segmen demografis di setiap negara," ujar Mercer seperti dikutip oleh Cellular News.

Dua perusahaan teknologi lain yang berada di antara Samsung dan Apple adalah Microsoft dan Sony. Merek-merek lain yang juga masuk dalam 10 besar brand pilihan konsumen bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Strategy Analytics Merek-merek dalam 10 besar Indeks Preferensi Brand Teknologi Strategy Analytics

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com