Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Ponsel Bakal Tembus 3 GHz

Kompas.com - 17/07/2013, 11:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Kinerja prosesor ARM berkecepatan 1,6 GHz (Exynos 5 Octa) pada Samsung Galaxy S4 sudah bisa dibilang sangat tinggi untuk ukuran saat ini. Apa jadinya bila frekuensi chip ARM bisa didongkrak lebih jauh ke angka 3 GHz?

Itulah yang hendak dicapai oleh ARM pada 2014 mendatang. Dengan proses fabrikasi 20 nm yang baru pada pabrikan chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dan Global Foundries, diharapkan bukan hanya frekuensi itu saja yang bisa dicapai. Yang juga akan dicapai chip tersebut adalah lebih efisien dalam hal penggunaan daya dari generasi terdahulu.

Lebih tepatnya, chip dengan arsitektur baru yang dibuat dengan proses fabrikasi 20 nm tersebut diharapkan bisa memangkas konsumsi listrik sebesar 25 persen.

Prosesor-prosesor ARM terkencang saat ini, semacam Exynos 5 Octa, Qualcomm Snapdragon 800, dan Nvidia Tegra 4 dibuat dengan proses fabrikasi 28 nm yang memiliki batas kecepatan sekitar 2,3 GHz.

Proses fabrikasi yang lebih kecil memungkinkan produsen chip memampatkan lebih banyak transistor dalam setiap prosesor. Kebanyakan dari tambahan transistor tersebut bakal digunakan untuk keperluan pemroses grafis.

Di sisi lain, Intel yang berusaha menyaingi ARM di dunia prosesor mobile pun tak tinggal diam. Chip Clover Trail (Atom Z2580) dari produsen ini, yang digunakan pada Lenovo K900, sanggup mencapai kecepatan 2 GHz.

Prosesor Bay Trail yang rencananya akan dirilis Intel tahun depan bakal dibuat dengan proses fabrikasi 22 nm dengan teknologi "3D Transistor". Chip ini kabarnya mampu menghasilkan performa luar biasa walaupun hanya mengandalkan clockspeed rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com